Pelantikan 7 DPC IKM Kecamatan Akan Dihadiri Fadli Zon dan Gubernur Sumbar

Suasana rapat pengurus DPD IKM Kota Bogor dalam persiapan acara pelantikan 7 DPC Kecamatan dan halal bihalal yang bertemakan "Minang Baralek Gadang" pada 2 Juli 2022 mendatang. Syarif | Pakar

BOGOR – Sebanyak 7 Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kecamatan diantaranya 6 Kecamatan di Kota Bogor dan Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, akan segera dilantik. Pelantikan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IKM Kota Bogor dikemas dengan sejumlah rangkaian kegiatan bertemakan “Minang Baralek Gadang” DPD IKM Kota Bogor, sekaligus halal bihalal yang akan dilaksaksanakan pad,a 2 Juli 2022 di Hall Basket GOR Pajajaran, Kota Bogor.


Acara akan dihadiri Ketua Umum IKM Fadli Zon dan Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi serta Walikota Bogor Bima Arya beserta Forkopimda dan tamu undangan lainnya. Berbagai hiburan disiapkan panitia untuk memeriahkan acara seperti penampilan dendang KIM dengan penyanyi Yandri Boy Kim. Beberapa artis Minang pun akan hadir diantaranya, Bundo Raflesia dan Lepai.


Ketua DPD IKM Kota Bogor Rizal Utami mengatakan, pelantikan para pengurus DPC belum dilaksanakan karena terkendala pandemi Covid-19. Saat ini sudah terbentuk 6 DPC Kecamatan se-Kota Bogor dan DPC Kecamatan Ciomas dari Kabupaten Bogor yang bergabung ke Kota Bogor. IKM ini sebuah wadah untuk mempersatukan, memperkuat tali silaturahmi dan kekeluargaan, persaudaraan antar warga Minang.


“Pelantikan 7 DPC Kecamatan akan segera dilaksanakan, sekaligus halal bihalal,” ujar Rizal ketika ditemui wartawan usai rapat panitia IKM di RM Trio, Jalan Pajajaran.


Lanjut Rizal, IKM di Kota Bogor sudah sudah merangkul seluruh warga Minang, dan siapapun perantau yang tinggal di Bogor, harus mengikuti adat istiadat ataupun kebudayaan di daerah tersebut. “Karena memang kita punya siloka di Sumatera Barat, dimana bumi dipijak disitu langit dijungjung. Ya artinya apa, kalau kita berdiam di Bogor berdomisili di Jawa Barat kita harus mengikuti adat istiadat dan budaya Jawa Barat tanpa melupakan budaya dari tanah leluhur sendiri,” terang Rizal yang juga anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PPP ini.

Ia juga mengungkapkan, saat ini menurut perkiraan ada sekitar 12 ribu Kepala Keluarga (KK) anggota IKM yang berada di wilayah Bogor. Namun dari jumlah itu baru 2600 KK yang telah memiliki KTA serta terdata dengan baik menjadi anggota IKM.
“Kami juga terus mengimbau dalam pertemuan bulanan supaya KK dan KTP diberikan kepada para ketua kecamatan. Agar KTA nya kita bikin. KTA Sendiri diterbitkan oleh DPP ditandatangani oleh Fadli Zon (Ketua DPP) serta sekretaris pusat,” kata Rizal.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan Jackson Tanjung menjelaskan, acara pelantikan 7 pengurus DPC IKM Kecamatan dikemas dengan berbagai kegiatan. Selain hiburan yang ditampilkan, banyak hadiah-hadiah , salah satunya memperebutkan sepeda motor. Dilokasi acara juga akan ada kuliner khas Minang yang bisa dinikmati oleh peserta yang hadir, diantaranya, Sale Bulek, Gado-gado dan Teh Talua serta kuliner lainnya.


“Untuk acara pelantikan 7 DPC dan halal bihalal pada prinsipnya sudah siap dilaksanakan. Dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak juga sangat banyak. Kami mengapresiasi bantuan-bantuan yamg diberikan untuk suksesi dan kelancaran acara nanti,” jelas Jack Tanjung.


Dalam kegiatan itu nantinya, meskipun pandemi sudah memasuki level 1, namun tetap pihak pelaksana akan menggunakan protokol kesehatan demi kenyamanan acara. Jack juga mengestimasi peserta yang hadir pada hari H kegiatan mencapai dua hingga tiga ribu orang pada saatnya nanti. “Tetap pada pelaksanaan nanti, kami imbau agar semuanya menerapkan Prokes, menggunakan masker dan jaga jarak. Kami berharap warga Minang atau warga Bogor dan lainnya bisa menghadiri acara nanti,” tutupnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.