Pejabat Administrator Mendukung Percepatan Pelayanan Publik melalui Pemanfaatan Teknologi

Pelayanan publik menurut UU No.25 Tahun 2009 adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Pelayanan publik dikatakan baik jika memenuhi beberapa asas-asas kepentingan umum, kepastian hukum, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban, profesional, partisipatif, persamaan perlakuan/tidak diskriminatif, keterbukaan, akuntabilitas, fasilitas, dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan, ketepatan waktu, serta kecepatan kemudahan dan keterjangkauan.
 
Peningkatan pelayanan publik adalah suatu keharusan untuk memastikan bahwa kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik dan bahwa pemerintah bekerja secara efektif untuk kepentingan warganya.  Dengan perubahan dinamis dalam tuntutan masyarakat dan kemajuan teknologi, peningkatan pelayanan publik menjadi semakin penting. 

Ini membantu menciptakan kepuasan masyarakat, membangun kepercayaan terhadap pemerintah, dan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya publik.  Peningkatan pelayanan publik juga merupakan langkah penting untuk memastikan inklusivitas dan keadilan  bagi semua lapisan masyarakat.

Pemanfaatan teknologi dalam mempercepat pelayanan publik bagi pejabat administrator dapat dilakukan melalui beberapa cara antara lain digitalisasi dokumen dan proses, sistem informasi manajemen, aplikasi pelayanan public, E-Government dan komunikasi dan kolaborasi digital.
 
Pemanfaatan teknologi dalam pelayanan publik memberikan banyak keuntungan, antara lain:
 

  1. Meningkatkan efisiensi
  2. Meningkatkan produktivitas
  3. Memperluas jangkauan
  4. Meningkatkan inovasi
  5. Meningkatkan kualitas layanan
  6. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas
  7. Mengurangi biaya
  8. Memungkinkan pembelajaran dan pengembangan diri
     
    Dengan memanfaatkan teknologi secara bijaksana, banyak organisasi dan individu dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih efisien dan efektif, serta mendukung kemajuan dan perkembangan yang berkelanjutan
     
    Contoh pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah pelayanan administrasi kependudukan, misal pembuatan ktp, kartu keluarga, akte kelahiran, kartu identitas anak, dan lain sebagainya. 

Di Kota Bogor, dulu masyarakat harus membawa surat pengantar dari RT RW setempat, kemudian ke kelurahan dan dilanjutkan ke kecamatan. Setelah itu baru bisa dicetak di Disdukcapil. Ini membutuhkan waktu dan proses yang Panjang. 

Dengan adanya Aplikasi SIKANCIL BERLARI (Sistem Kependudukan Catatan Sipil Berintegrasi Layanan Prima) proses pengurusan administrasi kependudukan bisa lebih cepat.

Masyarakat cukup mengajukan permohonan melalui aplikasi secara online dan mengambil hasilnya ke kantor disdukcapil.
 
Pemanfataan teknologi dalam pelayanan publik dapat memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat.(*)

*Tema: Pemanfaatan Teknologi dan Percepatan Pelayanan Publik

*Artikel Opini: Pejabat Administrator Mendukung Percepatan Pelayanan Publik melalui Pemanfaatan Teknologi

*Kelompok 3 Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Puslatbang PKASN LAN RI Tahun 2024.
 
 
 
 
 
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.