Peduli dan Bantu Warga Tak Mampu, LPM Bondongan Gelar Khitanan Massal

Salah satu peserta usai mengikuti khitanan massal yang di inisiasi oleh LPM Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan. (Ist)

BOGOR – Belasan anak kecil yang tinggal di Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor di khitan secara massal di Pelataran Masjid Al-Juman, pada Minggu pagi, 3 Juli 2022.

Khitanan massal ini pun disaksikan Sekretaris Kecamatan Bogor Selatan, Irman Khaerudin, Lurah Bondongan Yanti Maryanti, Ketua LPM Bondongan Hj Hety Sovia, Ketua DKM Al-Juman H Sahrom dan para ketua LPM di Bogor Selatan.

Lurah Bondongan, Yanti Maryanti mengatakan, sunatan massal ini terlaksana atas inisiasi ketua dan pengurus LPM, serta para ketua RT dan RW yang ada di Bondongan. Dimana mereka ingin membantu masyarakat yang notabene kurang mampu untuk di khitan anak-anaknya.

“Tentunya kami sangat mendukung program yang digagas oleh pengurus ini. InsyaAllah ini menjadi ladang pahala bagi kita semua dan anak-anak yang di sunat menjadi anak yang soleh, berbakti kepada orang tuanya,” kata Yanti kepada Bogordaily.net.

Di tempat yang sama, Ketua LPM Bondongan Hi Hety Sovia menyampaikan memang sunatan massal ini inisiasi dirinya dan juga para pengurus RT dan RW yang ada di Bondongan. Kemudian dirembukkan bersama hingga akhirnya terlaksana di Masjid Al-Juman.

Hety menyebutkan, sebetulnya untuk sunatan massal ini pihaknya mengajak kepada seluruh pengurus RW untuk mengirimkan atau mendaftarkan 2 orang di masing-masing wilayah. Namun karena banyak yang tidak mendaftar, akhirnya hanya 17 anak yang mau ikut sunatan massal.

“Di Bondongan ini ada 20 RW. Nah kami mengajak kepada masing-masing RW mendaftarkan sebanyak 2 orang, sehingga totalnya 40 orang. Tetapi yang berkenan 17 anak dan pelaksanaannya alhamdulillah berjalan lancar,” ujar Hj Hety.

Lanjut Hety, sunatan atau di khitan ini menjadi bagian dalam ajaran Islam, dimana anak laki-laki itu harus di khitan demi kesehatan dan juga sebagai syarat apabila anak-anak untuk menunaikan ibadah solat.

“Sunatan massal ini yang pertama dan InsyaAllah ke depan akan menjadi agenda rutin tiap tahun. Tetapi kita melihat kondisi dan situasinya dulu. Dan tadi juga teman-teman FK LPM Bogor Selatan merencanakan kegiatan seperti ke tingkat kecamatan dan kami siap,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sunatan Massal H Sahrom mengatakan, sunatan massal ini sebetulnya sudah direncanakan jauh-jauh hari. Namun setelah hasil musyawarah bersama maka pelaksanaan baru terlaksana hari ini atau setelah Idul Fitri.

“Kegiatan ini kami bekerja sama dengan pihak RSUD Kota Bogor, termasuk para pengurus RT, RW, kelurahan, kecamatan dan juga anggota DPRD Kota Bogor,” ujar H Sahrom yang juga selaku Ketua DKM Masjid Al-Juman Bondongan.

Ia berharap, sunatan massal yang dilakukan LPM Bondongan ini dapat menginspirasi LPM-LPM lain yang ada di Bogor Selatan. “Ya, mudah-mudahan ini bisa menginspirasi teman-teman LPM lain yang ada di Bogor Selatan,” ucapnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.