Pasca Penertiban PKL, Dishub Alihkan Kendaraan ke Rest Area Saat One Way Puncak Diterapkan

Sistem satu arah di Puncak beberapa waktu lalu. (Dok.Pakar)

CIBINONG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, bakal melakukan uji coba pengalihan arus kendaraan di jalur wisata Puncak ke Rest Area Gunung Mas, Sabtu 29 Juni mendatang saat kebijakan satu arah atau one way diterapkan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bogor, Dadang Kosasih
mengatakan, pengalihan itu dilakukan untuk kendaraan dari arah berlawanan yang tidak bisa melintas saat one way.

“Kalau one way kita arahkan semua kendaraan masuk ke rest area. Mereka yang parkir pinggir jalan kita masukin ke dalam,” ungkap
Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bogor Dadang Kosasih kepada wartawan, Kamis (27/6/2024).

Dadan menyebut, upaya pengalihan arus kendaraan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh Dishub Kabupaten Bogor mengenai pemanfaatan Rest Area Gunung Mas pasca penertiban PKL dilakukan Pemkab Bogor.

Untuk memaksimalkan upaya itu,
Dishub Kabupaten Bogor bahkan telah memasang sejumlah spanduk di sepanjang Jalur Puncak berisi informasi mengenai telah dibukanya Rest Area Gunung Mas.

“Intinya sekarang kita sosialisasi dengan pemasangan sepanduk sebanyak 15 buah kiri-kanan jalan, dari Gunung Mas sampai perbatasan (Cianjur),” terang Dadang.

Tak hanya itu, Dadang mengungkap bahwa pihaknya juga menempatkan empat personel di rest area untuk membantu para pengendara memarkirkan kendaraan. Serta beberapa personel lainnya membantu mengarahkan kendaraan masuk rest area.

Sementara di sisi lain, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengambil langkah menggratiskan biaya parkir di Rest Area Gunung Mas, agar ramai dikunjungi wisatawan.

“(parkir) ini ingin kita gratiskan saja, buka, biar semua bisa masuk ke sana,” ungkapnya belum lama ini.

Ia menilai sistem parkir berbayar yang diterapkan sejak rest area itu beroperasi pada medio 2023, sebagai salah satu penyebab hingga kini sepi pengunjung, sehingga para pedagang pun enggan melanjutkan berjualan di rest area.

Asmawa telah menginstruksikan badan usaha milik daerah (BUMD) PT Sayaga Wisata sebagai pengelola Rest Area Gunung Mas untuk menggratiskan biaya parkir pengunjung dan menggratiskan retribusi untuk pedagang. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.