Pasarkan Produk Disabilitas ke Luar Negeri, Mensos Minta Pemda Bantu Urus Perizinan

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini saat berkunjung dan meresmikan Sentra Kreasi Atensi di Balai Disabilitas Ciungwanara, Cibinong, Kabupaten Bogor. Prayoga | Pakar

CIBINONG – Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor untuk membantu proses perizinan produk hasil dari para penyandang disabilitas di Balai Disabilitas Ciungwanara, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Menurut Risma, hal itu dilakukan agar produk hasil dari para penyandang disabilitas ini bisa dikenal lebih luas, bahkan hingga pasar luar negeri

“Harapan kita sebetulnya ada peran serta dan bantuan Pemda. Karena proses izinnya ada di sini, kita harapkan Pemda membantu proses perizinannya,” kata Risma, Minggu (13/6/2021).

Risma yang telah meresmikan Sentra Kreasi Atensi di balai tersebut pada Sabtu kemarin itu menilai, ketika produk yang dihasilkan mampu dikelola dengan baik, maka pemberdayaan masyarakat penyandang disabilitas bisa meningkat.

“Karena konsep kita sekarang adalah bagaimana cara mereka (penyandang disabilitas) berdaya, maka harus bersama-sama meningkatkannya. Karena kita juga ingin peluang dan kesempatan yang mereka didapatkan itu sama rata,” jelasnya.

Pada Sentra Kreasi Atensi, Risma menekankan adanya pelatihan serta pembekalan yang baik bagi para masyarakat penyandang disabilitas di balai tersebut.

“Ada beberapa produk yang mereka hasilkan. Mulai dari pakaian, hingga makanan,” kata Risma.

Dia berjanji akan membawa produk tersebut hingg pasar luar negeri. “Kalau sudah layak produknya, saya akan bawa ke luar. Saya akan bantu juga izinnya, BPOM nya dan lain sebagainya. Maka saya pun meminta keterlibatan Pemda dalam hal ini,” tandas Risma. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.