Parkir Liar Menjadi Penyebab Kemacetan di Jalur Puncak

Situasi terkini arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak, Selasa (5/7/2022). (Firman | Pakar)

CISARUA – Parkir liar dan angkutan umum yang mangkal di persimpangan jalan menuju Puncak dinilai menjadi penyebab kemacetan. Tak hanya itu, beberapa restoran menjadi sorotan karena tak mempunyai lahan parkir yang luas.

Situasi semakin tak terkendali lantaran saat ini sedang masuk liburan sekolah. Kemacetan di jalur wisata ini semakin menjadi, dari pagi hingga malam hari.

Parkir liar memang menjadi salah satu penyebab kemacetan di jalur Puncak. Hal itu juga harus menjadi perhatian serius semua pihak terkait.

“Memang ada beberapa faktor akibat kemacetan di jalur Puncak. Saya melihat secara pribadi ini masa libur sekolah karena memang yang berwisata ke Puncak menggunakan bus. Jadi, yang biasanya macet, saat ini semakin macet,” ujar Camat Cisarua Ivan Pramudia.

Ivan meninali, satu sisi ini bagi pedagang dan pelaku ekonomi menjadi keberkahan sendiri karena memang banyak pengunjung yang berhenti di rest area, untuk membeli oleh-oleh atau berwisata kuliner. “Macet memang semakin menjadi, tapi bagi pedagang, roda ekonomi mereka bisa dikatakan membaik,” sambung Ivan.

Sejauh ini, pihak kepolisian sudah melakukan upaya yang sangat luar biasa bahkan menerapkan buka tutup jalur.

“Ini karena memang volume kendaraan yang masuk di kawasan Puncak cukup padat. Jadi, sangat sulit mengurai karena memang jumlahnya cukup banyak,” jelasnya.

Ivan berharap, para pemilik penginapan atau yang mengelola, selalu menjalankan komunikasi yang efektif terhadap pemerintah desa maupun kecamatan, sehingga masyarakat sekitar tidak merasa terganggu dengan para pelancong.

“Kita juga meminta kepada para pengelola penginapan agar mematuhi aturan. Jadi, saling komunikasi dengan pemerintah desa,” pungkasnya. =FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.