Panwaslu Rumpin Awasi Ketat Pelanggaran Pemilu

Rapat koordinasi yang digelar Panwaslu Rumpin. Firman | Pakar

RUMPIN – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, mengawasi ketat jalannya Pileg maupun Pilpres. Wilayah Rumpin yang berada di kawasan pegunungan dan perbukitan, menjadi kendala tersendiri dalam melakukan pengawasan.

Ketua Panwaslu Kecamatan Rumpin, Intan Nur Cahya mengatakan, indeks kerawanan pemilu pasti ada, sehingga petugas disebar untuk mengawasi aktifitas kegiatan kampanye, baik Pileg maupun Pilpres. Lokasi di Rumpin juga memiliki kerawanan bencana alam, salah satu kendalanya mengawasi lokasi – lokasi TPS yang sangat sulit diakses. “Bahkan beberapa wilayah sulit dijangkau lantaran akses menuju lokasi berada di pegunungan. Bahkan kendaraan roda dua juga sulit melintas,” ucapnya.

Menurutnya, ada 13 calon legislatif diwilayah Rumpin. Pengawasan terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) menjadi prioritas pengawasan di lapangan. “Nanti kita akan melakukan rekrutmen petugas TPS, hal ini membuat kami kesulitan lantaran rata-rata diusia 21 tahun lebih memilih bekerja keluar kota,” paparnya.

Divisi Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Miftahul Ulum mengatakan, sejuah ini tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh ASN sesuai dengan Pasal 494 berbunyi setiap aparatur TNI, Polri, perangkat desa, dan ASN dipidana kurungan 1 tahun penjara dan denda 12 juta. “Untuk saat ini belum ada pelanggaran yang dilakukan dan dilaporkan kepada panwaslu Rumpin dan terkait pelanggaran yang diberikan kepada Kades dan ASN sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.