Panwaslu Parung Sosialisasikan Pencegahan Praktik Money Politik

PARUNG – Pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor memberikan sosialisasi pencegahan terjadinya praktik money politik saat pemilu, Minggu 3 Desember, 2023.

Dalam sosialisasi turut dihadiri kepala sekretariat Pamwaslu Parungz Endang Komari, Ketua Panwascam Parung Kasmari, Kadiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Senketa, Arya P Juhara dan Hukim Pencegahan Partisipasi Masyarakat Ahmad Asya’ri.

“Pencegahan terjadinya money politik kita akan memberikan edukasi kepada pengawas tps agar sama-sama mengawasi agar tidak terjadi praktik money politik,” ungkap Ketua Panwascam Parung, Kasmari.

Menurutnya, dalam pencegahan money politik dirinya meminta peran serta masyarakat agar praktik tersebut tidak terjadi.

“Kami juga berharap agar masyarakat bersama-sama mengawasi pemilu artinya pengawasan ini tidak hanya tugas Panwaslu tetapi tugas kita semua, sehingga meminimalisir terjadinya dugaan-dugaan pelanggaran,” jelasnya.

Semantara itu, Kadiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Senketa, Arya P Juhara mengatakan, hambatan yang dihadapi selama satu tahun tidak ada hambatan secara krusial dan selalu membangun komunikasi dengan para peserta pemilu maupun dengan partai politik.

“Kami selaku memberikan pemahaman dan kami juga selalu berkomunikasi dengan penyelenggaraan pemilu, agar sama-sama membangun pemilu yang kondusif. Kami juga akan melakukan bimtek terhadap panwas tingkat desa dan tim sukses para caleg,” ujarnya.

Ia mengatakan, diwilayah Parung terdapat 13 calon legislatif (Caleg) terdiri dari 12 orang caleg dprd Kabupaten Bogor dan 1 orang calef DPRD Provinsi.

“Kami juga telah melakukan penertiban Alat Peraga Sosial (APS) dan Alat Peraga Kampanye (APK), pengawasan ini kita tidak tebang pilih, kita lakukan secara sama. Namun ada beberapa kerawanan lantaran satu desa terdapat beberapa caleg,” tuntasnya – FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.