Panwascam untuk Pilkada Didominasi Wajah Lama, Bawaslu Ingatkan Soal Integritas

Proses pelantikan Panwascam untuk Pilkada Kabupaten Bogor. (Dok.Diskominfo)

CIBINONG – Sebanyak 120 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bogor, telah resmi dilantik. Sebagian besar di antara mereka merupakan petugas wajah lama.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin mengungkap, dari 120 orang yang dilantik, sebanyak 98 di antaranya merupakan mereka yang juga terdaftar sebagai panwascam pada Pemilu 2024 kemarin, sedangkan sisanya 22 orang merupakan wajah baru.

Dia meminta para Panwascam bekerja dengan penuh integritas, terutama petugas wajah lama yang diharuskan melakukan evaluasi terlebih dahulu mengenai pelaksanaan pemilu pada Februari lalu, terutama mengenai pencegahan, pengawasan, dan penanganan pelanggaran.

“Sumpah dan janji dalam pakta integritas yang kita bacakan, itu melekat. Orang lain mungkin tidak tahu, tapi tuhan mengetahui Itu, maka jalankan amanah ini dengan baik,” kata Ridwan dalam keterangannya, Minggu (26/5/2024).

Prosesi pelantikan sendiri dilakukan di wilayah Sukaraja, Kabupaten Bogor pada Jumat kemarin. Menurut Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, panwascam mengemban tugas mulia sekaligus memikul tanggung jawab yang berat untuk mengawal pelaksanaan Pilkada 2024.

Musabab, kata dia, Kabupaten Bogor memiliki daftar pemilih tetap (DPT) terbanyak se-Indonesia, yakni lebih dari 3 juta jiwa.

“Saya minta hal-hal yang sudah berjalan baik agar dilanjutkan dan ditingkatkan, apa yang masih kurang diperbaiki agar tidak terulang kembali pada Pilkada serentak 27 November 2024 nanti,” kata Asmawa. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.