Pantau Harga Sembako Jelang Nataru, Bupati Cianjur Sidak ke Pasar Induk Pasirhayam

CIANJUR–Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2021 harga beberapa komoditas di pasar tradisional diwilayah Kabupaten Cianjur, merangkak naik terutama harga cabai rawit yang asalnya di bawah Rp50 ribu per kilogram menjadi h Rp 85 ribu per kilogram. Kenaikan harga bahan pokok dibeberapa pasar tradisional tersebut, menimbulkan gejolak di pasaran.

Bupati Cianjur, H. Herman Suherman, mengatakan berdasarkan hasil inspeksi mendadak (Sidak) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cianjur, memantau pergerakan harga dan stok, didapati beberapa komoditas mulai terpantau naik.


“Salah satunya komoditas cabai rawit yang asalnya dibawah Rp 50 sekarang harganya sudah mencapai di kisaran Rp 85 ribu per kilogram. Bahkan barangnyapun jarang ada dipasaran.”kata H Herman kepada wartawan Selasa (21/12/2021) disela-sela Sidak di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur.


Menurutnya, berkurangnya pasokan cabai rawit cukup dipengaruhi kondisi cuaca. Kemungkinan di sentra-sentra daerah penghasil komoditas tersebut terjadi gagal panen. Komoditas lain yang terpantau naik yakni telur ayam dan ikan. Untuk harga ikan, semula di kisaran Rp19 ribu per kilogram, sekarang di kisaran Rp24 ribu per kilogram.


“Mungkin akibat gagal panen, sehingga pasokan menjadi berkurang. Kalau harga telur ada kenaikan sedikit. Stoknya pun cukup banyak. Sedangkan harga daging sapi masih stabil di kisaran Rp125 ribu per kilogram. Untuk minyak goreng juga kalau di daerah lain naik, di Cianjur masih cukup stabil,” terangnya.


H Herman menjelaskan pergerakan harga berbagai komoditas sebagai kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Cianjur masih cukup stabil. Namun, harapannya hingga libur Natal dan Tahun Baru nanti, harga dan persediaan berbagai komoditas bisa terus stabil.


“Alhamdulillah, sekarang kita punya BUMD Sugih Mukti. Mudah-mudahan ke depan nanti cukup membantu menstabilkan harga-harga. Kedepan BUMD Sugih Mukti bisa lebih besar lagi perannya untuk mengendalikan harga-harga di pasaran,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.