PAN ‘Setia’ Dengan Prabowo Selama Tiga Kali Pilpres, Peluang Koalisi Dengan Gerindra di Kota Bogor Terbuka Lebar

Foto bersama jajaran petinggi PAN dengan Gerindra Kota Bogor, bersama Bacawalkot Bogor Dedie A Rachim, Kamis (25/4/2024). IST

BOGOR – Tak hanya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), ternyata Partai Gerindra Kota Bogor berpeluang juga menambah koalisi mereka dengan Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bogor.
Hal tersebut, terlihat saat dilakukannya kunjungan petinggi DPD PAN Kota Bogor yakni Ketua Bedjo Santoso serta sekretarisnya Fajari Arya bersama bakal calon wali kota (Bacawalkot) mereka yaitu Dedie A Rachim ke kantor DPC Gerindra Kota Bogor dan diterima langsung Ketuanya Sopian, Kamis (25/4/2024).


Rencana atau penjajakan koalisi ini sebenarnya tak terjadi jelang Pilwalkot Bogor 2024 saja, karena secara historis kebersamaan dua partai ini sudah terjalin sejak lama tepatnya setiap momen pilpres mulai dari 2014, 2019 hingga 2024 lalu, PAN selalu berada dalam barisan pendukung Prabowo Subianto.


Terkait kunjungan PAN ke Gerindra tersebut, sebagai Bacawalkot yang telah mendapatkan rekomendasi dari DPP PAN, Dedie A. Rachim terus mengikuti tahapan dan mekanisme dalam penjaringan Bacawalkot di partai lain seperti di Gerindra Kota Bogor.


Ketua DPD PAN Kota Bogor, Bedjo Santoso mengatakan bahwa pihaknya merasa bersyukur bisa bersilaturahmi dengan DPC Gerindra Kota Bogor. Dalam pertemuan tersebut, masih kata Bejo, berlangsung dengan families dan produktif untuk melangkah di waktu yang akan datang.


“Intinya silaturahmi ini untuk membangun kebersamaan kita dalam membangun Kota Bogor kedepannya. Mudah-mudahan kita dengan Gerindra yang sudah menjadi saudara lama, berjuang lebih dari 15 tahun dan tahun ini berhasil memenangkan presiden bersama,” ucapnya.


Sesuai mekanisme partai di Gerindra, Bedjo mengaku bahwa pihaknya akan melengkapi semua berkas yang diperlukan dalam penjaringan Bacawalkot tersebut.


“Karena calon kami Kang Dedie Rachim yang sudah mendapat rekomendasi dari DPP PAN untuk menjadi wali kota Bogor sehingga mendaftar ke Gerindra,” jelasnya.


Disinggung soal apakah PAN akan berkoalisi dengan Gerindra, Bedjo menyebut bahwa kungkin saja, masih terbuka karena koalisi itu dinamis seperti saat Pilpres kemarin dan itu sesuatu yang normal-normal saja.


“Yang paling penting tujuan kita membangun Kota Bogor ini sama. Untuk koalisi kita sesuai jalurnya masing-masing untuk meminta restu dari DPP,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Kota Bogor, Sopian didampingi jajaran pengurus menyambut kedatangan DPD PAN Kota Bogor.

Menurutnya, penjaringan Bacawalkot di Gerindra masih berlangsung sampai tanggal 8 Mei 2024. Secara nasional PAN dan Gerindra ini sudah berkoalisi selama 15 tahun.


“Dalam penjaringan Bacawalkot ini mekanismenya mungkin berbeda antara Gerindra dan PAN, tetapi kita menginginkan para calon dari Gerindra ini memiliki visi misi yang jelas dan berkesinambungan dengan program nasional,” katanya.


Terkait dengan koalisi Gerindra dan PAN, Sopian menambahkan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan komunikasi dan menyambangi kantor DPD PAN Kota Bogor.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.