PAN dan Dedie A Rachim Siap Membangun Koalisi Besar di Kota Bogor

Bacawalkot Bogor Dedie A Rachim saat menerima rekomendasi dari PAN untuk pilwalkot, belum lama ini. IST

BOGOR – Terus ‘bergeraknya’ bakal Cawalkot Bogor dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dedie A Rachim ke partai-partai seperti mendaftar ke PKB, Demokrat, Gerindra, PDI-P dan Nasdem dinilai banyak kalangan bakal membangun koalisi besar. 

Bahkan, Ketua DPD PAN Kota Bogor, Bedjo Santoso membenarkan hal tersebut.

Menurut Bedjo, Dedie Rachim dinilai memiliki figur ketokohan yang kuat dan satu-satunya calon yang sudah memiliki rekomendasi dari partai. Kemudian,  dianggap juga mampu mengorkestrasi koalisi besar dengan strategi power sharing.

“Kombinasi Koalisi Indonesia Maju (KIM) di pusat dan koalisi Badra plus di Kota Bogor, diharapkan mampu menjadi kekuatan politik pro rakyat yang ditunggu-tunggu masyarakat yang dibuktikan dengan munculnya fenomena dukungan relawan dimana tumbuh setiap hari,” ungkap Bedjo, Minggu (5/5/2024).

Ditambahkan Bedjo, langkah Dedie A Rachim mendatangi dan daftar di sejumlah parpol pun diapresiasi pengurus pusat serta dianggap positif. 

“Langkah saat ini. Sambil terus berkomunikasi dengan partai-partai politik lain untuk menyamakan persepsi dan visi, tentu PAN Kota Bogor akan meminta restu dan persetujuan dari DPP terkait langkah koalisi yang akan diambil kedepannya,” tandasnya.

Terkait koalisi besar ini, sebelumnya juga sejumlah elit partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Kota Bogor mulai merapatkan barisan dengan melakukan pertemuan intim di Rumah Kopi, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanah Sareal, pada Rabu, 1 Mei 2024 sore. 

Pertemuan yang dikemas dalam acara Halalbihalal itu nampak guyub dan hangat sambil duduk bareng menikmati hidangan. 

Ajang silaturahmi tersebut menjadi pemantik bagi partai KIM yang sama-sama berjuang di pemilu kemarin, agar turut mengawal program nasional kedepannya.

Selain itu, diharapkan besar hubungan partai KIM bisa mengakar kuat di Kota Bogor dengan membangun kerjasama politik pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) agau Pilwalkot Bogor 2024.

“Ya mudah-mudahan (hubungan) berlanjut, walaupun konstelasi nasional maupun Jawa Barat kita belum tahu. Intinya menjalin komunikasi dengan partai terutama yang mengusung Prabowo-Gibran,” ungkap Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bogor, Sopian Ali Agam.  

Menurutnya, jika KIM berlanjut untuk Pilkada Kota Bogor, maka kedepan akan lebih mudah dalam mengawal dan mengiplementasikan program-program nasional di Kota Bogor.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.