Open Bidding Sekda, 14 Pejabat Jalani Asesmen Kompetensi pada 17 April

Ilustrasi proses lelang jabatan terbuka. IST

CIBINONG – Usai menetapkan sebanyak 14 pejabat dalam proses lelang jabatan terbuka atau open bidding pada posisi Sekertaris Daerah (Sekda), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah menjadwalkan assesmen kompetensi pada 17-19 April 2024.

“Jika sesuai jadwal maka assesmen kompetensi dilaksanakan mulai 17 April. Rencananya dilaksanakan di Bigland Otel Sentul-Suite & Convention,” tulis dalam surat pengumuman peserta hasil seleksi yang dikutip, Senin (15/4/2024).

Setelah itu, proses pun dilanjutkan dengan Penulisan Makalah pada 22 April 2024.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Rusliandy mengatakan, usai kedua proses tersebut dilaksanakan, selanjutnya yakni pengumuman hasil assesmen kompetensi pada 23 April 2024, dilanjutkan uji gagasan pada 24 April 2024.

“Jika sesuai jadwal hasil seleksi diumumkan pada 26 April. Akan ada tiga nama dari hasil seleksi untuk disampaikan ke Bupati, kemudian dijadwalkan untuk pelantikan setelah dipilih satu dari tiga orang,” kata Rusliandy.

Dia menegaskan bahwa seleksi tersebut hanya berlaku bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini menduduki jabatan Eselon II B atau setara kepala dinas/badan dan/atau direktur rumah sakit.

Selain itu, para pendaftar juga telah melampirkan surat izin dari Bupati dan surat keterangan tidak pernah menjalani hukuman disiplin untuk pegawai Pemerintah Kabupaten Bogor akan diterbitkan BKPSDM.

14 pejabat yang mendaftar dalam seleksi tersebut di antaranya
Ajat Rochmat Jatnika,
Kepala pada Badan Perencanaan
Pembangunan, Penelitian dan
Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor.

Kedua, Asnan, Kepala pada Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bogor. Ketiga Fusia Meidiawaty, Direktur pada Rumah Sakit Umum Daerah
Ciawi Kabupaten Bogor. Keempat
Hadijana, Kepala pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor.

Kemudian kelima ada Iman Wahyu Budiana, Kepala pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bogor. Keenam Kusnadi, Direktur pada Rumah Sakit Umum Daerah Cileungsi Kabupaten Bogor. Ketujuh Mely Kamelia, Kepala pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bogor.

Lalu kedelapan ada Nurhayati, Kepala pada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor. Kesembilan Irwan Purnawan, Kepala pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor. Kesepuluh Renaldi Yushab Fiansyah, Kepala pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bogor.

Kesebelas, Suryanto Putra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan
pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor. Kedua belas Yudi Santosa, Kepala pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor.

Ketiga belas Yukie Meistisa Anandaputri, Direktur pada Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong Kabupaten Bogor dan keempat belas Vitrie Winastri, Direktur pada Rumah Sakit Umum Daerah Leuwiliang Kabupaten Bogor.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menegaskan bahwa dirinya tidak bisa melakukan intervensi akan proses pencalonan dan penjaringan Sekda Kabupaten Bogor tersebut.

“Nama-nama pendaftar ini sudah diserahkan ke pansel (panitia seleksi) yang keanggotannya dari pusat dan jabar,” tegasnya.

Asmawa menyebut bahwa semua pejabat yang memiliki kriteria dan kemampuan untuk menjadi Sekda berhak untuk mendaftarkan diri.

“Saya membuka ruang karena ini sifatnya kelas bebas. Silahkan pejabat yang memenuhi syarat untuk mengikuti open bidding ini,” jelasnya.

Menurutnya, ke 14 pejabat yang saat ini mengikuti proses open bidding Sekda Kabupaten Bogor akan ditentukan pada tahapan uji gagasan.

“Uji gagasan ini menjadi kunci layak tidaknya yang bersangkutan jadi Sekda. Kenapa demikian, karena Sekda adalah jenderal ASN yang harus memiliki kemampuan dengan baik,” tuturnya.

“Siapapun yang jadi Sekda itu adalah hasil individu mereka,” imbuh Asmawa.

Diketahui, jabatan Sekda Kabupaten Bogor yang saat ini diduduki Burhanudin akan berakhir pada 1 Mei 2024. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.