Ombudsman RI Soroti Pemotongan Dana BST Bagi KPM

GUNUNGPUTRI – Maraknya pemotongan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) di beberapa desa di wilayah Kabupaten Bogor, terutama yang sudah terjadi di Desa Klapanunggal, Desa Cicadas dan Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, menjadi sorotan berbagai pihak. Ombudsman RI pun ikut angkat bicara terkait perbuatan melawan hukum yang dilakukan aparat Pemerintah Desa (Pemdes) yang sudah melakukan pemotongan dana BST dari Kemensos tersebut.

Anggota Ombudsman RI, Teguh mendesak pihak kepolisian untuk segera mengungkap dan menangkap para pelaku yang telah melakukan pemotongan dana BST bagi para warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Ini permasalahan serius dan harus diusut tuntas oleh aparat kepolisian. Saya juga akan melakukan pengusutan dan mendesak Inspektorat Kabupaten Bogor dan Polres Bogor segera melakukan penindakan tegas kepada pelaku pemotongan BST tersebut,” tegasnya.

Lanjut Teguh, tindakan perbuatan memotong dana bantuan itu sudah masuk kedalam tanah pidana, apapun alasannya, tidak boleh dana BST itu dipotong untuk kepentingan apapun. Dana itu mutlak hak KPM dengan jumlah yang sesuai dari pihak Kemensos. “Sudah masuk ke ranah pelibatan saber pungli Jabar untuk melakukan penindakan, karena secara struktur Ombudsman bagian dari saber pungli,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.