Normalisasi Hutan Pongkor, BPDAS Tanam Ratusan Pohon

NANGGUNG – Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Citarum Ciliwung melakukan normalisasi kawasan hutan di pongkor Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Sebenyak 136.419 bibit pohon ditanam di lahan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) dengan total luas 341.05 hektar.

Kepala BPDAS Citarum Ciliwung, Pina Ekalipta mengatakan, tujuan penanaman sebagai langkah menjaga hutan tetap asri dan ini masuk kedalam program RHL pasca dilanda bencana 2020 lalu.

“Sebenarnya ini program lama dari kami sebagai tindak lanjut pada saat Kecamatan Nanggung ada bencana dan ini salah satu bukti nyata kami bersama dengan warga dan bekerja sama antara pemerintah terkait,” ungkapnya.

Ia menuturkan, disini (Nanggung) ada penambang emas tanpa ijin (Peti) ini harapannya peti ini bisa beralih ke ekonomi hijau dan memanfaatkan potensi hutan.

“Ekonomi kita akan dorong jadi di dalam kawasan dan diluar kawasan untuk daerah Nanggung yang rawan bencana kita akan rubah tempatnya biar rapi,” ujarnya.

Ia mengatakan, nantinya lahan tersebut akan dimanfaatkan oleh 3 Kelompok Tani Hutan (KTH) yaitu KTH Laskartani 152,67 hektar, KTH Tumaritis 105,15 hektar dan KTH Tunas Mekar 83,23 hektar.

“Harapannya setelah kami hadir rehabilitasi hutan dan lahan akan dikelola masyarakat diberikan akses, dimana kedepan akan ada perdagangan karbon jadi tanpa harus menebang pohon,” tegasnya.

Lebih lanjut menurutnya, bibit yang dihasilkan saat ini di dapat dari persemaian Rumpin yang di resmikan presiden Jokowi, bahwa sebagian besar bibit dari persemaian Rumpin akan kita tanam di daerah ini.

Sementara itu ditempat yang sama, Tenaga Ahli menteri LHK Bidang Pemulihan DAS Citarum Anang Sudarma menuturkan, dengan upaya gotong royong seperti ini masyarakat serta pemerintah bisa menjaga hutan agar tetap asri dan hijau.

“Kita harus menghindari perusakan alam berupa penebangan pohon oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan diharapkan masyarakat dapat memelihara tanaman yang sudah kita tanam,” katanya – FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.