Nangkring di Pohon dan Tiang Listrik, APK Caleg Dibabat

0
75

BOGOR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor sudah mulai bergerak melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) partai politik maupun calon legislatif.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor, Divisi Penanganan Pelanggaran Data, Haris mengatakan, penertiban dilaksanakan serentak di tiap desa/kelurahan dan kecamatan.

“Penyisiran APK dimulai sejak tiga hari setelah kami sampaikan imbauan (tanggal 8 November) kepada parpol peserta pemilu tingkat kabupaten, agar mereka segera menertibkan APK yg pemasangannya tidak sesuai ketentuan perundang-undangan pemilu,” ujar Haris kepada Pakuanraya.com, Kamis (15/11/2018).

Dia menjelaskan, penertiban APK dilakukan utamanya di tempat-tempat yang dilarang seperti pohon, tiang listrik, lembaga pendidikan, tempat ibadah dan sarana pemerintahan, sebagaimana ketentuan PKPU Nomor 23 tahun 2018 Jo PKPU Nomor 28 tahun 2018 tentang Kampanye.

“APK yang ditertibkan diamankan di sekretariat panwascam untuk didata dan dibuatkan berita acara penertiban. Selanjutnya dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Bogor,” jelas Haris.

Banyaknya pelanggaran yang dilakukan peserta Pemilu di Kabupaten Bogor membuat Bawaslu mendesak KPU Kabupaten Bogor untuk segera mendistribusikan APK yang difasilitasi penyelenggara sesuai aturan yang berlaku.

“Mengingat kampanye sudah berjalan satu bulan lebih, kami juga mendesak kepada KPU untuk segera mendistribusikan APK-APK yang difasilitasi pencetakannya kepada parpol untuk disebarkan,” tegasnya.

Berdasarkan data, sebanyak 1.292 APK dinyatakan melanggar oleh Bawaslu Kabupaten Bogor.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Burhanudin mengatakan, penertiban dilakukan bersama dengan Satpol PP selaku pihak berwenang.

“Kita targetkan minggu ini selesai semuanya. Tak ada lagi APK melanggar yang terpampang,” tegas Burhan.

KHAERUL UMAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.