Nampak Kecil, Mahkota Tugu Pancakarsa ‘Ade Yasin’ Akhirnya Selesai

Penampakan Tugu Pancakarsa di Simpang Sentul, Kecamatan Babakan, Kabupaten Bogor, usai mahkota selesai dibangun. (Khaerul Umam | Pakar)

BABAKAN MADANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah merampungkan penambahan mahkota pada bangunan Tugu Pancakarsa di Simpang Sentul, Kecamatan Babakan Madang.

Menelan APBD 2023 sebesar Rp487.754.800 dari pagu anggaran yang disediakan senilai Rp500.292.000, mahkota yang terpasang dengan ornamen lima kujang dan logo Tegar Beriman di atas Tugu Pancakarsa itu terlihat sangat kecil.

Berdasarkan informasi yang didapat, ornamen lima kuang tersebut berbahan kuningan sementara logo Tegar Beriman berbahan Stenless Hairline Cutting Laser.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Teuku Mulya menjelaskan, filosofi dari Mahkota Tugu Pancakarsa itu yakni Kujang sebagai penjaga lambang Logo Tegar Beriman.

“Mahkota Tugu Pancakarsa itu ada gambar Prayoga, Tohaga dan Sayaga, dan diapit oleh 5 kujang. Kujang itu ibaratnya yang menjaganya, lambang senjata yang menjaga lambang Sayaga Tohaga Prayoga dalam konteks 5 Pancakarsa itu,” jelasnya, Kamis 16 November 2023.

Dari mahkota itu, Teuku menyebut
ornamen Kujang memiliki tinggi hingga tiga meter. Sementara Logo Tegar Beriman berukuran 2,5 meter dengan lebar keseluruhan Mahkota seluas 160 meter.

Dengan ukuran tersebut, Teuku menilai sudah sangat pasa dengan konstruksi bangunan Tugu Pancakarsa.

“Sebenarnya kalau secara real, naik ke atas itu besar dan bahannya stainless sehingga kalau dia terlalu besar banget itu berdampak pada struktur yang akhirnya engga bisa menopang Tugu itu, sehingga jadi masalah dalam konteks struktur,” papar dia.

Karenanya, dia menilai Mahkota Tugu Pancakarsa yang terlihat kecil itu hanya persoalan visualisasi saja.

Sebab nyatanya, lanjut dia, Mahkota Tugu Pancakarsa itu sudah sesuai dengan kemampuan dan kelayakan tugu.

“Kecil itu visualisasi yang terlihat kecil dari bawah ke atas saja, tapi kalau dilihat di atas, dia secara visual pas. Tapi kalau dari bawah ke atas seolah-olah kecil lambang itu,” tuturnya.

Sekedar informasi, Tugu Pancakarsa ini diresmikan Ade Yasin (Bupati saat itu) pada penutupan akhir tahun 2021 tepatnya pada 27 Desember 2021 malam.

Tugu Pancakarsa ini merupakan kebanggaan Pemkab Bogor dan masyarakatnya yang diyakini memiliki makna yang dalam.

Secara filosofi, tugu tersebut menggambarkan cita-cita luhur Pemkab Bogor yang dikemas dalam program prioritas bernama Pancakarsa.

Pancakarsa merupakan lima tekad Ade Yasin bersama Iwan Setiawan dalam menjalankan masa pengabdiannya pada 2018-2023 di Kabupaten Bogor. Yakni
Karsa Bogor Cerdas, Karsa Bogor Sehat, Karsa Bogor Maju, Karsa Bogor Membangun, dan Karsa Bogor Berkeadaban.

Selain memiliki makna yang dalam, tugu
dibangun di Simpang Sirkuit Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor itu juga memiliki fungsi ganda. Yakni mempercantik wajah ibu kota dan memecah kemacetan lalu lintas di sekelilingnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.