Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Gelar Museum Keliling di SMAN 1 Citeureup

Pelaksanaan museum keliling di SMAN 1 Citeureup. (Age | Pakar)

CITEUREUP – Ratusan siswa SMAN 1 Citeureup menyambut meriah kegiatan museum keliling yang digelar Museum Kepresidenan Republik Indonesia (RI) Balai Kirti, Rabu (10/8/2022).

“Sekarang kita sedang melaksanakan museum keliling. Kita melakukan jemput bola dengan mendatangi sekolah-sekolah, dan tahun ini kita sudah berkunjung kelima sekolah yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor,” kata Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Dewi Nurwaningrum kepada PAKAR.

Dirinya menjelaskan, bahwa Museum Balai Kirti tersebut telah berdiri delapan tahun yang lalu. Sejak tahun 2014, dan saat ini pihaknya sedang melakukan evaluasi diri dengan cara menggelar kegiatan museum keliling.

“Kita sedang mendata seberapa banyak minat pengunjung soal pengetahuan museum balai kirti ini. Sebelum Pandemi, memang kita akui sangat banyak sekali peminatnya terutama luar daerah Bogor. Tetapi sebaliknya, untuk di wilayah Bogor masih minim untuk pengetahuan apa itu museum balai kirti,” jelasnya.

Lanjut ia mengatakan, museum tersebut merupakan satu-satunya Museum Balai Kirti Kepresidenan Republik Indonesia (RI) yang ada di Indonesia, maka dari itu pihaknya mengajak siswa yang ada di Bogor untuk datang berkunjung.

“Museum Balai Kirti Kepresidenan RI ini satu-satunya yang dimiliki oleh Indonesia yang ada di Kota Bogor. Namun rupanya, masih ada yang belum tahu. InsyaAllah kita akan mengagendakan adik-adik siswa untuk berkunjung ke museum dengan syarat siswa atau guru pendamping menjalani pemeriksaan labolaturium atau yang sering disebut Tes PCR,” terangnya.

Kasubag Tata Usaha Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah I Pendidikan Kabupaten Bogor, Cucu Salman menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik adanya pelaksanaan kegiatan museum keliling yang bisa dilaksanakan di SMAN 1 Citeureup.

“Semoga pihak Museum Kepresidenan RI Balai Kirti bisa menjalankan lagi kegiatan museum keliling di setiap SMA atau SMK yang ada di Kabupaten Bogor. Untuk negeri saja ada 57 SMA dan untuk totalnya itu 545 baik swasta dan negeri, agar bisa berbagi dan memberikan wawasan untuk mengetahui orang-orang besar kepemimpinan di negera Indonesia,” katanya.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Citeureup, Sofian Nirwan mengucapkan terima kasih soal kunjungan Museum Keliling yang digelar oleh Museum Kepresidenan RI Balai Kirti. “Program ini sangat luar biasa, dan menjadi sumber inspirasi kita semua,” ucapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya merupakan salah satu sekolah penggerak dan akan berkunjung ke Museum Kepresidenan RI Balaik Kirti yang ada di Kota Bogor.

“Saat ini kami masuk ke sekolah penggerak dan pastinya ada manfaat dalam bentuk apa pun. Apa lagi kita akan berkunjung ke Museum Balai Kirti. Itu akan mengajarkan kepada siswa untuk lebih mengetahui wawasan bangsa kepemimpinan negara Indonesia,” tandasnya. =AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.