Mulai 1 Januari 2024, Beli Gas Melon Wajib Tunjukan KTP

CIBINONG – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Bogor untuk pembelian gas LPG 3 kg wajib menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) per 1 Januari 2024 mendatang.

Hal itu merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2007 dan Nomor 38 Tahun 2019, di mana tabung gas LPG 3 kg hanya dimaksudkan untuk rumah tangga dan usaha mikro yang memanfaatkannya untuk memasak, serta bagi nelayan dan petani yang menjadi target sasaran.

Kepala Bidang Tertib Niaga Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor, Anton Sudjana bahwa mulai per-1 Januari 2024 masyarakat Kabupatrn Bogor wajib menunjukan KTP saat membeli gas bersubsidi 3 kg.

“Jadi mulai per 1 Januari 2024 masyarakat di Kabupaten Bogor membeli tabung gas LPG 3 kg, harus menunjukan kartu tanda penduduk (KTP) di Sub Penyalur/Pangkalan (Agen),” katanya kepada PAKAR.

Ia mengungkapkan bahwa alasan Pemerintah menerapkan aturan tersebut dengan meminta masyarakat menunjukan KTP sesuai domisili saat membeli tabung gas lpg 3 kg, supaya mengantisipasi wilayah luar membeli diwilayah sekitar.

“Jadi pembelian itu masyarakat harus memperlihatkan atau menunjukan ktp berdasarkan domisili untuk mengantisipasi wilayah luar belanja di wilayah sekitar. Intinya harus berdasarkan domisili dan harus tepat sasaran dan peruntukannya memang untuk rumah tangga,” ungkapnya.

Bukan hanya itu ia juga menyebutkan bahwa dalam satu nomor induk kependudukan (NIK) di KTP, masyarakat Kabupaten Bogor hanya dibatasi empat kali pembelian tabung gas lpg 3 kg dalam satu bulan.

“Untuk harga HET Rp 18.686/per 3 kg, dan setiap satu KTP dibatasi membeli tabung gas empat kali dalam satu bulan. Dan itu berlaku kepada masyarakat menengah kebawah, bagi yang menengah ke atas dan Asn tidak dianjurkan,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.