Mudik Lebaran 2021 Dilarang, DKI Jakarta Bakal Terapkan Kembali SIKM

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. IST

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka peluang untuk menerapkan kembali Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Ibu Kota setelah Pemerintah Pusat resmi melarang mudik Lebaran 2021 ini. Hal ini dilakukan untuk memperketat mobilisasi masyarakat yang hendak masuk atau keluar Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal membahas penerapan kembali peraturan itu dalam waktu dekat ini.”Nanti kami akan diskusikan,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat  Sabtu (27/3/2021). 

Politisi Gerindra ini mengatakan, kemungkinan penerapan kemabali SIKM di Ibu Kota tidak bisa diputuskan sendiri, hal  ini harus dibicarakan bareng pemerintah pusat dengan melihat hasil evaluasi penerapan SIKM tahun lalu. “Apakah akan ada SIKM dan sebagainya nanti kami akan diskusikan bersama ke depan,” tuturnya. 

Lebih dari itu, Ariza mengatakan, kegiatan pulang kampung  menyongsong hari besar keagamaan ini sangat rentan  memicu ledakan corona pasca liburan, hal ini dikatakan Ariza dengan melihat pengalaman yang pernah terjadi di Jakarta ketika warga ramai-ramai mudik pada beberapa kesempatan libur panjang beberapa  waktu lalu. Untuk itu, dia meminta warga menahan diri untuk tidak mudik pada lebaran tahun ini, kegiatan berlebaran bareng keluarga di kampung halaman bisa dilakukan secara virtual.

“Mudik tidak mesti harus ketemu, sekarang ada digital. Ada teknologi, ada IT, bisa melalui handphone, whatsapp, bisa video call juga,” ucapnya.Kebijakan SIKM ini sebelumnya sudah pernah diterapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada mudik lebaran tahun lalu,  DKI melalui Dinas Perhubungan dan  Satpol PP setempat bahkan sampai bekerja sama dengan kepolisian untuk mencegat masyarakat yang hendak  keluar atau masuk Jakarta di beberapa wilayah perbatasan mereka yang  tidak memenuhi syarat dipaksa putar balik. Sekedar mengingatkan kembali, berikut syarat mengurus SIKM: -Masuk ke situs corona.jakarta.go.id.-Pilih menu.

“Izin Keluar-Masuk Jakarta” yang berada di bagian paling atas situs tersebut. Tepatnya dekat dengan logo bendera Indonesia dan Inggris.-Jika mengakses melalui ponsel, ketuk tiga garis yang berada di sudut kanan atas lalu pilih menu “Izin Keluar-Masuk Jakarta”.-Klik tombol “Urus SIKM” yang berwarna kuning.-Setelah diarahkan ke laman JakEvo, baca dan pahami terlebih dahulu informasi yang tertera sebelum mengetuk “Saya Setuju”.-Isi seluruh data yang diperlukan. Jika kolom data tidak muncul, muat ulang (refresh) halaman hingga kolom data muncul dan kotak notifikasi berwarna merah hilang.-Jika seluruh data sudah lengkap, ketuk “Submit Formulir” yang berada di paling bawah situs.MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.