Mubeslub, Iwan Prayoga Pimpin DPP Gibas

Suasana Mubeslub Ormas Gibas yang dilaksanakan di Cianjur. Endi | Pakar

CIANJUR- Dari 29 peserta Musyawarah besar luar biasa Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (Gibas), 18 diantaranya memutuskan untuk menunjuk secara demokrasi terhadap Iwan Prayoga yang sebelumnya menduduki Ketua Resort Gibas Kabupaten Subang, menjadi ketua Umum meneruskan DPP masa bakti 2017 – 2022.

Iwan terpilih sebagai Ketua Umum DPP Gibas, kurang lebih hanya tinggal satu tahun ke depan dari November 2021 – hingga September 2022.

Sebelum dilakukan pemilihan Ketua Umum terlebih dahulu melakukannya musyawarah besar luar biasa (Mubeslub) di Signature hotel Jalan Raya Pacet, Sabtu (27/11/2021) malam.

Salah satu peserta Mubeslub, Ketua Gibas Resort Kendal Jawa Tengah Baron Wardoyo sekaligus purnawirawan TNI AD mengatakan, menghadiri kegiatan dilakukan untuk kembali menjalankan roda organisasi di tingkat DPP.

“Ketua definitif DPP Gibas yang sebelumnya sudah meninggal sehingga perlu ada penggantinya agar organisasi Gibas tetap berjalan,” kata Baron.

Baron mengatakan, dirinya tertarik di organisasi Gibas karena memiliki moto Cinta damai dan visi misi yang bagus.

Menurutnya, dengan dilakukan musbeslub diharapkan bisa mendapatkan pemimpin yang profesional dan memajukan organisasi Gibas sehingga dapat dijadikan komponen cadangan untuk NKRI.

“Dengan moto cinta damai tentunya diharapkan bisa saling asah saling asuh, pesan saya bahwa Demokrasi itu adalah hal yang biasa, hilangkan bentuk segala permusuhan, punya dua musuh saja sudah susah yakni setan dan jin. Jadi mari kita hilangkan arogansi,” kata Baron, Senin (29/11/2021).

Ketua Umum terpilih Iwan Prayoga mengucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan teman-teman Resort, perwakilan Resort Kendal Jateng dan juga dari pengurus DPP sudah memberikan amanat untuk memimpin Gibas kurang lebih 10 bulan ke depan.

“Gibas kedepan akan lebih mengedepankan sosial dan bersinergi dengan pemerintah, yang sifatnya konfrontal harus dikurangi dengan mengedepankan humanis,” kata Iwan.

Menurutnya, dalam waktu dekat ini akan melakukan pembenahan mulai dari tingkat DPP, DPD, Resort, maupun sektor. Selain itu lanjut Iwan bahwa kedepan untuk kepengurusan kantor DPP akan diupayakan di Jakarta.

“Kami akan berupaya bahwa Gibas itu akan menyebar luas bahkan hingga ke tingkat nasional. Namun tetap akan dimaksimalkan di pulau Jawa,” jelasnya.

Menurutnya, Gibas tidak boleh mengedepankan arogansi justru harus bisa merubah paradigma kalau Ormas itu bisa santun sehingga banyak dicintai masyarakat.

“Gibas kedepan harus bisa berdaya, minimal ditingkat sub sektor (desa) harus menjadi kepala desa. Mari kita ciptakan Ormas yang tinggi sosial dan yang paling penting harus cerdas dalam berpikir,” ujarnya.

Pejabat Ketua Umum sekaligus Sekjend DPP Gibas Arip Sugihtian Pramulyana SH mengatakan, Mubeslub digelar atas usulan dari para pimpinan Gibas Resort Kota-Kabupaten.

“Jadi, kegiatan Mubeslub ini atas permintaan dari para pengurus di tingkat Resort Kota-Kabupaten dengan tujuan untuk menjalankan roda organisasi tetap berjalan,” kata Arip.

Arip mengatakan, Ketua Umum DPP Gibas sebelumnya H Suhaya Jati Prakarsa sudah meninggal dunia sehingga mengalami halangan tetap.

“Jadi, sesuai dengan AD/ART di sisa masa jabatannya karena ada kekosongan maka harus diadakan Mubeslub,” kata Arip.

Menurutnya,dari 29 peserta yang ada 18 diantaranya hadir mengikuti Mubeslub di Cianjur untuk menentukan sosok pengganti Ketua Umum DPP Gibas sebelumnya,” paparnya.

Sementara itu Ketua Panitia Asep Irawan mengatakan, kurang lebih ada 50 peserta dari berbagai Resort Kota-Kabupaten dan perwakilan dari DPD Jawa Tengah yaitu Kendal dan cilacap ikut menghadiri Mubeslub.

“Tujuan kegiatan mubeslub melaksanakan amanat AD/ART untuk melakukan pemilihan ketua umum DPP Gibas secara Demokrasi,” kata Asep.

Asep mengatakan, Kegiatan berjalan sesuai dengan rencana, dan acara dimulai dari pukul 21.00 Wib hingga pukul 2.00 Wib dinihari.

“Pada kegiatan Mubeslub dari peserta 29 peserta 18 diantaranya memilih Iwan Prayoga sebagai Ketua Umum DPP Gibas utntuk meneruskan kepemimpinan masa bakti 2017-2022,” pungkasnya. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.