Monchengladbach vs Manchester City: Tamu Agung dari Inggris

Gelandang Manchester City Kevin De Bruyne, pulih dari cedera, dan bakal menjadi andalan 'The Citizens'. Instagram | Mancity

BOGOR – Laga super sengit di Liga Champions akan kembali tersaji. Borussia Monchengladbach akan menjamu Manchester City di tempat netral pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions  2020/2021, di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Kamis (25/2/21), dini hari WIB.

Monchengladbach siaga satu, karena lawannya ini sangat berbahaya. Artinya, bisa dibilang, duel kali ini secara statistik memang mengunggulkan Manchester City sebagai pemenangnya. Apalagi, jika mengingat catatan performa mereka yang sedang bagus-bagusnya beberapa waktu terakhir.

Di kompetisi domestik, ‘The Citizens’ untuk saat ini adalah penantang terfavorit untuk gelar juara. Karena sampai saat ini mereka masih menduduki puncak klasemen Liga Inggris 2020-2021 dengan 59 poin.

Jumlah ini cukup jauh, jika dibandingkan perolehan tim yang ada di peringkat kedua, yakni Manchester United. Sang rival sekota mengumpulkan 49 poin dan jumlah pertandingan yang telah mereka lalui pun sama.

Itu sebab, targetnya tentu saja adalah meraih kemenangan, melanjutkan tren positif mereka, dan mengamankan modal berharga menuju leg kedua.

Sementara itu, Borussia Monchengladbach sampai detik ini menghuni papan tengah klasemen sementara Bundesliga Jerman musim 2020-2021. Dengan 33 poin, mereka ada di peringkat delapan, bersaing ketat dengan Union Berlin.

Meski bukan tidak mungkin, nampaknya Monchengladbach harus cukup memeras keringat ketika harus melawan Manchester City yang sekarang. Tangguh, kata itulah yang pantas disematkan pada skuat asuhan skuat Pep Guardiola.

Mereka terus menang di 18 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi dan belum terkalahkan di 25 pertandingan. Jika harus, mengingat kapan terakhir kali ‘The Citizens’ keok, peristiwa tersebut terjadi, pada 21 November lalu. Saat itu, mereka dihajar 0-2 oleh Tottenham Hotspur di Liga Inggris.

Dengan catatan ini, Monchengladbach pun wajib waspada, karena calon lawan mereka sedang sangat on fire dengan penampilannya. Nah, jika Manchester City terakhir kali kalah, pada 21 November, bagaimana dengan Monchengladbach? Tidak perlu jauh-jauh, mereka baru saja ditekuk Mainz 1-2, di Bundesliga Jerman, pada 20 Februari.

Lalu, dari segi head-to-head, kedua tim ini sudah pernah bertemu enam kali sejak tahun 1979, dengan catatan Manchester City menang tiga kali, Monchengladbach menang sekali, dan sisanya berakhir imbang.

Namun, kubu Monchengladbach bisa sedikit lega, jika melihat kondisi skuatnya saat ini. Mereka bisa tampil dengan kekuatan penuh, di Liga Champions, karena tidak ada pemain inti yang mengalami cedera maupun terkena hukuman.

Sementara itu, Manchester City tanpa Nathan Ake yang masih harus absen selama beberapa pekan. Kevin De Bruyne sudah kembali dan ada peluang bagi Kyle Walker untuk jadi starter menggantikan Oleksandr Zinchenko.=URI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.