Minta Ganti Rugi, Rumah Warga di Desa Kopo Rusak Akibat Dampak Pembangunan Hotel

Terlihat salah satu rumah warga yang mengalami kerusakan akibat adanya pembangunan hotel di Desa Kopo. Firman | Pakar

CISARUA – Pembangunan hotel yang berada di Kampung Muara RT 03/04 Desa Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor mengalami dinding rumah warga rusak.

Kerusakan terjadi akibat adanya penggalian tanah atau cut and fill yang dimiliki oleh PT Tumbuh Semangat Makmur yang menggunakan alat berat sehingga rumah warga yang berada cukup dekat dengan proyek mengalami kerusakan.

“Surat perjanjian terkait kerusakan rumah saya sudah dipegang sama saya, tapi sejauh ini tidak ada kompensasi yang diberikan oleh pihak proyek bahkan rumah saya sampe retak,” ungkap Ganda pemilik rumah.

Bahkan adanya proyek pembangunan hotel dirinya beserta keluarga merasa yang resah dan risau lantaran getaran yang ditimbulkan akan berpotensi terhadap kediamannya runtuh.

“Kalau saat ini memang kurang tapi waktu pertama ada proyek merasa risih karena berisik dan ding-ding rumah bergetar,” tuturnya

Ia juga mengatakan, akibat pembangunan hotel dan wahana permainan selain kediaman dirinya beberapa rumah warga pun mengalami kerusakan seperti dinding rumah retak.

“Kalau di RT sini sama dan beberapa rumah warga, di kampung sebelah juga ada yang alami hal serupa,” ujarnya.

Sementara itu, ketua RT setempat, Asep mengatakan, ada sekitar dua rumah yang berada diwilayah naungannya yang mengalami kerusakan akibat pembangunan hotel.

“Ada dua rumah yang warga saya yang mengalami keretakan di RT sebelah pun sama ada beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan,” ujarnya Godeg sapa akrabnya.

Sejauh ini pihaknya sudah menegur pemilik bangunan dan pemilik lahan untuk bertanggung jawab, akan tetapi pihaknya belum begitu pasti kapan kompensasi akan diberikan kepada warganya.

“Kami mengacu kepada 11 poin yang sudah disepakati oleh kami dan oleh pihak pak Hartono selalu pemilik lahan, akan tetapi kita juga belum tahu kapan hak warga saya akan diberikan,” tuturnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.