Minimarket Alfamidi di Babakan Terbakar, Dilokasi ini Asal Mula Api

Terlihat petugas pemadam kebakaran sedang berupaya memadamkan api di lokasi Alfamidi Babakan, Kecamatan Dramaga. Jefry | Pakar

DRAMAGA – Mini Market Alfamidi di Jalan Babakan Raya, Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Rabu (6/4/2022) sekira pukul 12.00 WIB, dilalap si jago merah. Api yang tiba tiba muncul dari dalam gudang penyimpanan barang barang yang berada dilantai bawah, saat itu juga langsung membuat panik para karyawan yang kabur berhamburan lari keluar menyelamatkan diri.

Sementara sampai pukul 14.00 WIB terhitung dua jam dari musibah kebakaran berlangsung, puluhan petugas Pemadam Kebakaran serta lebih dari 12 unit kendaraan Damkar yang tiba kelokasi, belum mampu memdamkan kobaran api.

“Kebakaran berasal dari dalam gudang yang terletak di lantai paling bawah, sehingga sulit di jangkau, ditambah di dalam gudang tersebut tidak ada pentilasi udara,” kata Hafiz petugas Damkar dari Mako Damkar Cibinong kepada Pakar Online di lokasi kejadian.

Menurut dia, selama dua jam berselang, api memang sangat sulit di jangkau, karena lokasi gudangnya berada di lantai bawah bangunan. “Kami kesulitan masuk untuk memadamkan kobaran api, sebab terhalang oleh asap hitam yang menyelimuti seluruh ruangan Mini Market Alfamidi yang berada di lantai atas,” bebernya.

Diperkirakan, lanjutnya, bantuan air dari unit kendaraan damkar datang dari berbagai wilayah termasuk bantuan unit Damkar dari Kota Bogor, dan masih terus berdatangan.

“Kami dapat bantuan dari semua Pos Damkar yang ada di Ciomas, Leuwiliang, IPB, Mako, termasuk Mako Cibinong dan kota Bogor, bahkan semua unit kendaraannya sudah lebih dari dua kali bolak balik mengambil air untuk memadamkan lokasi kebakaran, namun api masih tetap belum bisa dipadamkan. Saat pedaman kami alami kesulitan lantaran kondisi di dalam minimarket tersebut, tidak ada pentilasi udaranya,” jelasnya.

Indah karyawati Swalayan Alfamidi yang pertama kali mengetahui munculnya jilatan api disertai asap hitam, keluar dari gudang penyimpanan barang. “Semua barang barang yang berada di dalam gudang merupakan stok lama yang diperkirakan nilainya mencapai ratusan juta rupiah,” terangnya.

Indah tidak tahu persis apa yang menjadi penyebab terjadinya awal kebakaran tersebut. “Kami tidak tahu munculnya api akibat apa, Namun yang pasti pertama saya melihat api dan asap hitam tebal itu, keluar dari celah pintu gudang yang menyimpan barang barang yang mudah terbakar,” pungkasnya.

Dari informasi yang diperoleh Pakar Online dilapangan, akibat kebakaran tersebut pihak Alfmidi Babakan Raya mengalami kerugian di atas Rp1 milyar rupiah. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.