Meroketnya Kasus Covid-19, Bima Arya Ungkap Dua Hal Ini Penyebabnya

BOGOR – Lebih dari satu minggu penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kasus Covid-19 di Kota Bogor justru semakin melonjak tajam tiap harinya.

Dalam dua hari terakhir saja, kasus Covid-19 di Kota Bogor bahkan muncul 225 kasus baru positif Covid-19. Sehingga kasus Covid-19 di Kota Bogor hingga kini tembus angka 7.041 kasus.

Wali Kota Bogor Bima Arya menjelaskan, ada beberapa penyebab melonjaknya kasus Covid-19 di Kota Bogor pada masa penerapan PPKM, yang tersisa kurang dari sepekan lagi. Pertama, lonjakan terjadi imbas dari liburan di akhir tahun.

“Angka naik ini ada beberapa sebab. Pertama lonjakan karena liburan. Selain itu kami mendeteksi beberapa kegiatan, seperti pas muncul 120 orang (positif) itu, disebabkan karena ada rombongan kegiatan keagamaan dari luar kota. Makanya kita tekankan betul, kuarngi mobilitas. Ini jelas karena mobilitas,” katanya kepada awak media, Kamis (21/1).

Kedua, sambung dia, keterbatasan kapasitas Rumah Sakit (RS) rujukan untuk pasien Covid-19, membuat banyak pasien Covid-19 terpaksa dirawat di rumah sendiri untuk isolasi mandiri. Hal itu justru sangat rawan menularkan virus kepada anggota keluarga di rumah.

“Kapasitas rumah sakit terbatas, sehingga terpaksa memilih untuk dirumah dan menulari anggota keluarga. Jadi kita genjot di dua hal itu, membubarkakan kerumunan, mengurangi mobilitas serta menambah tempat tidur untuk pasien Covid-19 di RS. Makanya kita upayakan RS lapangan dengan kapasitas 68 bed itu,” tukasnya.

Tak hanya itu, ungkap Bima, dalam waktu dekat pihaknya bakal meresmikan salah satu hotel untuk fasilitas isolasi pasien Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Sebentar lagi salah satu hotel akan kita resmikan juga, sebagai fasilitas untuk OTG. kita perkuat disitu,” kata dia.

Ia menekankan, bahwa perang menghadapi Covid-19 tidak hanya sekadar persoalan kesehatan, tapi persoalan keamanan dan ketertiban. Sehingga jangan lagi ada sebutan ini tugas siapa.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.