Menjadi Buruan, Harga Buah-Buahan di Cianjur Naik Drastis

CIANJUR – Memasuki hari kedua puasa, harga buah-buahan disejumlah pedagang Pasar Induk Cianjur (PIC) merangkak naik. Salah satu contohnya seperti buah jeruk brastagi yang sebelumnya Rp 18.000 hingga Rp 20.000 menjadi Rp 28.000 hingga Rp 30.000. Sedangkan buah Anggur Autralia dari harga Rp 80.000 menjadi Rp 120.000. Kemudian buah semangka non biji dari asal Rp 8000,- menjadi Rp 12.000.

“Dari sejak awal munggah harga buah-buahan, naik drastis. Memang tidak semuanya buah – buahan naik. Namun, rata-rata buah –buahan yang dibutuhkan untuk buka puasa naik drastis. Seperti buah naga yang asalnya seharga Rp 15000 perkilo menjadi Rp 20.000,” kata Ceuceu Nyai (53) pedagang lapak Pasar Induk Cianjur, Rabu (14/04/2021).

Menurutnya, kenaikan harga buah buahan tersebut, terjadi dari sejak dua hari sebelum puasa. Tapi memang ada yang dari sebelumnya sudah naik, karena dari Pasar Caringin Bandung nya sudah naik. Kenaikan harga buah-buahan hampir bersaman dengan kenaikian harga daging ayam. “Sebab kenaikan harga buah buahan tersebut, ada yang sudah naik sejak tiga hari yang lalu. Jadi tiga hari sebelum puasa harga buah buahan memang sudah naik,” terangnya.

Hal yang sama diungkapkan pemilik warung Nunung (48) warga Gang Banjar, Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur mengaku kebingungan menjual terhadap langganannya. Karena sebelumnya tidak ada informasi kenaikan harga buah buahan. “Kenaikan harga buah-buahan itu naik baru satu minggu menjelang bulan puasa. Sebelumnya, malahan biasa-biasa saja karena memang cukup stabil. Ya kalau harga daging memang naik cukup drastis, dari sebelumnya,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.