Mengerucut 3 Nama, PJ Bupati Ungkap Kriteria Calon Pengganti Sekda Burhanudin

Burhanudin, Sekda Kabupaten Bogor. Age | Pakar

CIBINONG – Pemerintah Daerah menanti panitia penyelenggara (pansel) untuk mengumumkan peserta open biding yang akan menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Definitif di Kabupaten Bogor.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan bahwa calon peserta open biding harus memiliki kriteria seperti Burhanudin untuk menjadi Sekretaris Daerah.

“Kriterianya itu ada di pak Sekda (Burhanudin), mudah-mudahan bisa dihasilkan dan sekarang sedang proses open biding dan itu kerjanya pansel (panitia penyelenggara). Dan kami tidak pernah mencampuri,” katanya saat selesai Rapat Paripurna di DPRD Kabupaten Bogor, pada kemarin malam Selasa 30 April 2024.

Ia menyampaikan bahkan dirinya mendapatkan laporan kalau 14 peserta open bidding tersebut telah menyelesaikan adu gagasan. “Kemarin juga sudah adu gagasan para calon Sekda 14 orang itu dan hemat (menurut) saya, masing masing punya keunggulan, punya gagasan, brilian untuk membangun kabupaten bogor. Karena yang kami butuhkan hari ini untuk Sekda Kabupaten Bogor adalah Sekda yang bisa menjembatani antara Kepala Daerah, DPRD, Perangkat Daerah dan Forkopimda,” ungkapnya.

Ia berharap kriteria menjadi Sekretaris Daerah tersebut bisa disamakan seperti Burhanudin saat beliau menjabat menjadi Sekda di Kabupaten Bogor. “Kriteria ada di beliau, dan calon calon yg dipilih pansel itu adalah sesuai itu (kriteria Burhanudin) dan apabila belum sesuai, maka segera belajar dari beliau karena beliau menjadi guru dan bukan hanya menjadi atasan saja, tetapi beliau adalah inspirator bagi Pemerintah Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Ditempat yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin menanggapi sosok kriteria yang dapat menggantikan dirinya menjadi Sekda. “Melihat ada beberapa kriteria yang sudah saya kerjakan, artinya Sekda itu merupakan sebagai kordinator Asn, sebagai kepala Staff, koordinator Asn yang membantu bupati dan wakil bupati dan Sekda juga berfungsi sebagai Sekretaris Forkopimda,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM), Rusliandy menyampaikan bahwa akan ada tiga nama yang diumumkan oleh pansel yang layak menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor. “Sekarang kita tinggal menunggu pengumuman dari pansel, dan pengumumannya nanti hanya tiga besar (nama) yang akan diumumkan oleh pansel menjadi Sekda Definitif,” terangnya.

Menurutnya panitia penyelenggara open biding akan mengumumkan tiga nama calon Sekda dalam waktu dekat. “Tidak ada seleksi lagi, tinggal pengumuman dari pansel dan mudah-mudahan pengumuman ini secepatnya,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.