Mengenai Laporan Pekerjaan, TPK Desa Tidak Boleh Langkahi Pemdes

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG- Wakil Bupati [Wabup] Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, dari hasil evaluasi pelaksanaan program satu miliar satu desa [Samisade] 2021, ditemukan banyak kesalahan dalam pengadmistrasian, pelaporan dan pembuatan surat pertanggungjawaban [SPJ]-nya, sehingga harus ditertibkan ke depannya.

“Berbicara kualitas tentunya harus mengikuti arahan tim teknis. Harus ada bantuan tim teknis dinas terkait, seperti DPUPR [Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang]. Sebab, ini masalah infrastruktur jalan tidak sembarangan, jadi baik dari kualitas ketebalan, lebar dan panjangnya itu mesti ada rekomendasi dari DPUPR,” ujar Wabup Bogor, H. Iwan Setiawan kepada PAKAR, Selasa [22/3/2022].

Lebih lanjut, Wabup menyampaikan, dalam perencanaan di Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa [Musrembangdes] sudah mengajukan titik lokasi pekerjaan sesuai harapan, atau aspirasi masyarakat yang ada di desa dengan mengacu pada asas pemerataan.

Adapun untuk Tim Pengelola Kegiatan [TPK] sebaiknya diikutsertakan dalam Bimbingan Teknis atau Bimtek. “Saya sangat setuju sekali,” kata Wabup.

Mengenai laporan beberapa TPK langsung ke camat, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah [BPKAD] dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa [DPMD], itu tidak boleh, karena bahaya jika ada temuan.

“Jadi saya bilang itu bahaya ada temuan nantinya. Ini info dari beberapa kecamatan, TKP melangkahi pemdes [pemerintah desa],” tegas Iwan menambahkan.

Wabup Iwan juga menegaskan, akan membenahi surat keputusan [SK] untuk TPK Desa. Artinya, tidak boleh diganti atau di rolling. Politikus Partai Gerindra ini juga memeriksa SK TPK Desa, apakah desa atau dinas?

“Ini harus dirapikan, karena itu saya berharap SK TPK itu dari Kabupaten untuk menghindari kesewenangan kades [kepala desa],” imbuh Iwan.

Untuk Samisade tahun 2022, proses pencairannya tidak akan diproses sebelum laporan pertanggungjawaban [LPJ] dan pajaknya beres. “Dana Samisade bisa cair dengan memenuhi persyaratan, melengkapi LPj dan membereskan laporan pajak,” pungkasnya.=NDR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.