Menengok Seblak Mang Cin, Jajanan Pinggir Jalan yang Digemari Anak Muda Leuwiliang

LEUWILIANG – Makanan khas Bandung yang populer beberapa tahun terakhir ini memang bisa kita temukan dimana saja. Di Leuwiliang, Kabupaten Bogor terdapat salah satu seblak yang cukup populer di kalangan anak muda. Seblak Mang Cin, yang berada di depan Lapangan Tegal dan seberang Puskesmas Leuwiliang ini menjadi salah satu jajanan yang harus dicoba ketika datang ke Leuwiliang. Meskipun letaknya di pinggir jalan, tetapi rasanya tidak bisa diragukan dan kebersihan gerobaknya pun patut diacungi jempol.


Penjual seblak Mang Cin, Aceh Suhendi (40) mengatakan sudah menjadi penjual seblak selama sebelas tahun. Berawal dari berjualan di Bandung, Aceh kemudian berpindah tempat ke Sukabumi, tepatnya di depan SMA 4 Sukabumi yang merupakan tempatnya dahulu menuntut ilmu.


“Awalnya coba-coba, ternyata alhamdulillah jadi punya resep sendiri. kebetulan saya tukang masak di Merak (di restoran). Jadi terjun ke dunia masak, karena biar pun jelek (juga) asal punya sendiri,” ujar pemuda asal Sukabumi tersebut.


Pemuda kelahiran 1981 itu mengaku pelanggang yang paling banyak membeli dagangannya adalah para remaja, seperti anak-anak SMA sederajat. Selain anak muda, kalangan ibu-ibu juga tak jarang menjadi menjadi pelanggan setianya.
Aceh membuka dagangannya mulai pukul 8.30 pagi hingga Maghrib (sekitar pukul 18.00 malam). Namun jika cuaca sedang cerah, terkadang ia membuka dagangannya hingga setelah Isya (sekitar pukul 19.15). Saat memasuki musim penghujan, Aceh mengaku berjualannya jadi tidak menentu karena ia tidak bisa berjualan jika hujan.


Saat awal pandemi, Aceh mengaku sempat libur berjualan selama satu tahun hingga tidak sanggup membayar uang kontrakan. Saat mulai berjualan, Aceh sempat berpindah tempat ke depan Indomaret dekat Kampus IUQI, Barengkok. Hanya bertahan selama tiga bulan, Aceh kembali ke tempat awalnya berjualan, depan Lapangan Tegal dan seberang Puskesmas Leuwiliang. “Saya harap ekonomi bisa lancar lagi. Karena yang terpenting itu, agar ekonomi bagus lagi, lancar lagi. Amin,” pungkasnya. (Putri/Magang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.