Mendikbud Komitmen Lestarikan Adat dan Budaya Papua Barat

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. IST

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melakukan diskusi dengan warga sekolah, serta pelaku seni dan budaya saat kunjungan kerjanya ke Kabupaten dan Kota Sorong, Papua Barat.

Salah satu tempat yang menjadi tinjauan Mendikbud Nadiem yakni Sanggar Seni Nani Bili. Sanggar Seni Nani Bili merupakan komunitas para pecinta seni dari berbagai suku di Tanah Moi atau Kota Sorong yang saat ini memiliki 276 anggota.

Saat melakukan diskusi dengan para pelaku seni dan budaya di sanggar seni Nani Bili, Nadiem menegaskan berkomitmen untuk memajukan kebudayaan dan kemajemukan adat budaya yang merupakan kekayaan terbesar di Indonesia.

“Ini prioritas Kemendikbud, bahwa selain pelestarian, inovasi juga sangat penting. Sehingga budaya kita bisa dinikmati oleh generasi berikutnya,” kata Nadiem dalam keterangannya, Minggu (14/2/2021).

Selanjutnya, Mendikbud berkunjung dan berdiskusi dengan masyarakat adat Moi Kelim di Kampung Malaumkarta serta meninjau cagar budaya Kubu Pertahanan Jepang di Pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan.

Mendikbud juga mendorong pelestarian bahasa sebagai bagian dari perlindungan adat dan budaya melalui pelajaran bahasa adat di satuan pendidikan.

Menurutnya, tanpa bahasa daerah yang sarat makna dan kearifan lokal, maka kebudayaan sulit berkembang.

“Ruang kearifan lokal dalam sistem pendidikan kita sudah seharusnya dikembangkan,” ungkapnya.

Dalam rangkaian kunjungannya, Mendikbud juga menyampaikan paradigma baru kemajuan kebudayaan yang digencarkan Kemendikbud.
“Kami memikirkan bagaimana kita dapat melakukan investasi terhadap ekosistem kebudayaan agar berdampak positif bagi perekonomian penggiat seni dan masyarakat. Tidak terkecuali masyarakat adat,” ujarnya.

“Anggaran apapun yang dikeluarkan oleh Kemendikbud harus ada hasil yang berkesinambungan terhadap ekosistem kebudayaan di masing-masing daerah,” sambungnya. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.