Menang Tipis Atas Republik Ceko, Inggris Finis Sebagai Juara Grup

Raheem Sterling melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Republik Ceko. Instagram | England

BOGOR – Tim Nasional Inggris memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020, setelah menuntaskan laga ketiga Grup D, dengan kemenangan 1-0 atas Republik Ceko, di Stadion Wembley, London, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB.

Kemenangan tim berjulukan The Three Lions itu, lahir melalui gol semata wayang, winger Manchester City, Raheem Sterling, pada menit ke-12, dan sekaligus menutup laga sebagai juara grup, dengan koleksi tujuh poin dari dua kemenangan dan satu kali imbang, atau selisih tiga angka atas Kroasia dan Republik Ceko yang juga sudah memastikan langkah ke 16 besar Euro 2020.

Timnas Inggris melaju ke babak 16 besar, bersama Timnas Kroasia dan Republik Ceko yang secara berurutan menempati peringkat kedua dan ketiga klasemen Grup D Euro 2020.

Luka Modric dkk mengalahkan Skotlandia dengan skor 3-1 di Stadion Hampden Park, Glasgow, pada Rabu (23/6/2021) dini hari WIB.

Kemenangan 3-1 atas Skotlandia tersebut yang membawa Kroasia finis di peringkat kedua klasemen Grup D. Kroasia finis di peringkat kedua dengan koleksi empat poin dari tiga laga, setara dengan Republik Ceko yang menempati posisi ketiga.

Meski sama-sama mengoleksi empat poin, Kroasia finis di atas Ceko karena unggul produktivitas gol. Sebab dari tiga pertandingan fase grup, Kroasia tercatat membukukan empat gol, sedangkan Republik Ceko mencetak tiga gol. Sehingga aspek produktivitas gol yang menentukan posisi Kroasia dan Ceko diterapkan setelah kedua tim memiliki poin dan selisih gol setara.

Sementara itu, Ceko lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Mereka menyusul Swiss yang juga lolos lewat jalur peringkat ketiga terbaik seusai menang 3-1 atas Turki pada laga pamungkas Grup A, Minggu (20/6/2021) lalu.

Sementara Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, mengaku sangat puas dengan hasil akhir yang diraih timnya saat menghadapi Republik Ceko di laga pamungkas Grup D Piala Eropa 2020.

“Kami memulai dengan sangat baik, kami stabil dengan atau tanpa bola dan merupakan penghargaan besar bagi para pemain,” ujar Southgate dilansir dari laman resmi UEFA.

“Kami harus mengubah banyak hal dalam semalam untuk pergantian personel. Kami sangat terkesan. Anda melihatnya, Bukayo (Saka) malam ini menunjukkan permainan yang sangat fantastis,” kata Southgate. =ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.