Melihat Ibu, Anak dan Istrinya Tertimbun Material Longsor, Begini Cerita Hilman

Hilman (37), warga Kampung Pasir Pogor RT 001/004 Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor sedang menceritakan detik-detik keluarganya tertimbun material longsor. (Firman | Pakar)

CIJERUK – Hujan deras yang mengguyur pada Sabtu (21/5/2022), sore mengakibatkan tebing penahan tanah, di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, longsor dan menimpa empat rumah.

Peristiwa itu terjadi pukul 17:00 WIB. Hujan deras, dan ambruknya tebing penahan tanah mengakibatkan dua rumah rusak berat, dan dua lainnya rusak sedang. Empat orang dinyatakan tewas, dan lima lainnya selamat.

Hilman (37), warga Kampung Pasir Pogor RT 001/004 Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor harus rela dan ikhlas melihat anak, istri, dan ibunya tertimpa reruntuhan material longsor di depan matanya.

Menurut cerita Hilman, saat itu ketinggian air hanya sekitar 20 centi meter. Dia keluar rumah lantaran air turun ke pekarangan rumahnya, karena tersendat sampah.

“Saat keluar rumah anak saya ada di kamar, istri dan orang tua saya ada di dapur sedang membuat kue untuk acara pernikahan. Mungkin saat saya keluar, mereka tidak tahu, lalu mereka mencari saya keluar dan berteriak memanggil saya,” kata Hilman kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Saat membersihkan tumpukan sampah, Hilman melihat tebing penahan tanah ambruk, dan seketika menimpa rumahnya.

“Saat kejadian, saya ada di atas dan melihat tebing penahan tanah tiba-tiba ambruk. Untuk menyelamatkan anak, istri, dan ibu, saya teriak minta tolong ke warga bahwa keluarga saya ada di dalam,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jasad keluarganya ditemukan di samping kendaraan milik pribadinya yang biasa digunakan untuk berpergian.

“Mungkin ibu sedang mengendong anak saya untuk diselamatkan, tapi tidak tertolong. Mungkin tertahan motor saya pas hendak keluar rumah,” jelasnya.

Masih kata Hilman, sebelum kejadian, tidak ada firasat apa pun. Dia menyampaikan, sikap istri dan orang tuanya begitu lembut dan begitu perhatian saja.

“Sebelum kejadian, istri saya sangat perhatian dengan hal sekecil apa pun. Bahkan sikap ibu saya pun sama,” pungkasnya. =FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.