Melalui Program ini, Aliran Sungai Cikaniki Nanggung Jadi Jernih

Camat Nanggung AE Sapuloh saat memantau jernihnya sungai Cikaniki di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung. Jefry|Pakar

NANGGUNG – Sejak berlangsungnya program Konservasi Penjernihan Hulu Sungai Cikaniki oleh warga Kampung Ciguha, Desa Bantar Karet, Camat Nanggung AE Sapuloh mengaku gembira, pasalnya aliran air Sungai Cikaniki yang dahulunya keruh, kini sudah jernih.

Menurut Camat, kehadirannya di bantaran Sungai Cikaniki yang berhulu di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Kabupaten Bogor Dan Sukabumi tersebut bukan hanya memantau kondisi kebersihannya airnya saja, melainkan juga memonitor ketinggian debit air sungainya yang ternyata tetap normal meski disetiap hari wilayah Nanggung di Guyur Hujan deras.

“Dengan kembali jernih dan bersihnya aliran sungai Cikaniki yang melintas Nanggung maupun di Kecamatan tetangga, jelas sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal dan bermukim di dekatnya.”kata AE Saepuloh Camat Nanggung kepada pakuanraya.com.

Masih kata Camat, pihaknya juga merasa bersyukur atas upaya yang dilakukan oleh Warga Kampung Ciguha yang sukarela melakukan perjernihan pada aliran hulu sungainya dengan cara manual. “Sehingga Selain bersih dan jernih, sungai Cikaniki juga sudah terbebas dari jenis limbah dan sampah apapun yang mengotorinya,” terangnya.

Camat menambahkan, kini hampir lebih dari 11 bulan sungai Cikaniki jernih dan bersih, bahkan semua warga Nanggung yang rumahnya dekat bantaran sungai tersebut, tak ragu lagi mandi maupun mencuci pakaian di sungai. “Alhamdulilah semoga saja sungai Cikaniki bisa jernih dan bersih selamanya,” tukasnya.

Terpisah, Engkos warga KalongLiud, Desa Kalong Liud yang mulai berani mandi di sungai Cikaniki disetiap harinya, mengaku sudah tidak lagi punya penyakit gatal gatal seperti yang pernah di alaminya dua tahun silam. “Bahkan sekarang saya juga punya Empang ikan yang airnya berasal dari sungai Cikaniki. Mengingat air sungainya sudah kembali jernih dan bersih dari limbah dan sampah berat,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.