Melalui FINA, IPB Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

0
34

BOGOR – Festival Ikan Nusantara (FINA) 2019 diselenggarakan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Perikanan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) di Auditorium Sumardi Sastrakusumah, Jumat (16/11/2018).

Dekan FPIK IPB, Luky Adrianto menjelaskan, FINA rutin dilaksanakan setiap tahun. Bertujuan meningkatkan konsumsi ikan, baik kepada mahasiswa atau masyarakat melalui even massa namun tetap berkonsepkan edukatif.

“Untuk tahun ini, tercatat sebanyak 1.200 mahasiswa ikut terlibat. Selain itu, acara ini bisa terselenggara berkat dukungan dari Himpunan Alumni Perikanan IPB,” ujarnya kepada pakuanraya.com.

Lucky menerangkan, sumber daya ikan di Indonesia cukup melimpah dengan keanekaragaman hayatinya yang besar. Ada sekitar 5.500 jenis ikan namun yang sudah dapat menjadi konsumsi masyarakat tidak lebih dari 200 spesies.

“Berdasarkan hal tersebut, maka FPIK-IPB memiliki kewajiban  moral untuk terus mengembangkan sains dan teknologi dalam hal pemeliharaan ekosistem perairan sebagai penopang dan penyediaan sumberdaya ikan yang terus menerus,” katanya.

Event Festival Ikan Nusantara 2019, Nelly Oswini menuturkan, kegiatan ini tak lain memiliki misi agar mereka yang mengikuti Fisheries and Marine Science Week (FMSW), Pra Event Festival Ikan Nusantara (FINA) 2019 mau dengan sukarela mengajak keluarga maupun teman-temannya mengkonsumsi ikan.

“Karena kita tahu ikan itu proteinnya bagus, produksinya melimpah. Jadi kita mengajak masyarakat untuk mulai gemar makan ikan. Disisi lain kondisinya sekarang dibandingkan dengan Jepang, Indonesia masih kalah jauh konsumsi ikannya,” papar Nelly.

FINA merupakan bentuk dukungan gerakan makan ikan yang digalakkan oleh Pemerintah Indonesia, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional yang jatuh ‪pada 21 November‬.

IQBAL RUKMANA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.