Melalui Berbagai Program ini, Dinkes Wujudkan Kota Bogor Sebagai Kota Ramah Keluarga

BOGOR – Dalam mewujudkan visi Kota Bogor menjadi kota ramah keluarga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor terus melakukan berbagai program kesehatan keluarga. Kasi Kesga Dinkes Kota Bogor, dr. Hasriani Timung mengatakan, untuk Kota Bogor setiap hari adalah hari keluarga, karena melalui berbagai program dan upaya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan keluarga.

“Jadi setiap hari adalah hari keluarga, untuk mewujudkan visi Kota Bogor menjadikan kota ramah keluarga. Kami melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesehatan keluarga,” ucapnya kepada pakuanraya.com, Selasa (8/6/2021).

Hasriani menjelaskan, semua kegiatan kesehatan keluarga itu mencakup satu siklus hidup. Mulai dari seorang ibu hamil, bersalin, dan bayi balitanya dipantau. Usia sekolah dipantau sampai Lansia yang juga dipantau di Posbindu setiap bulan, sehingga lansianya bahagia hidup bersama keluarga. Secara rutin dalam satu tahun ada beberapa kegiatan contohnya tiap bulan Februari dan Agustus da bulan penimbangan, termasuk untuk lansia juga hidup bahagia bersama keluarga.

“Itu semua merupakan program rutin dari Dinkes melakukan pemantauan dari mulai Ibu hamil, balita, posbindu lansia, termasuk melalui pemantauan tumbuh kembang akan dilihat setiap bulan di Posyandu terkait kesehatan balita,” jelasnya.

Jadi, tambah Hasriani, tumbuh kembang balita dipantau seperti pemantauan berat badan, pemberian vitamin untuk balita dan kegiatan lainnya. Kota Bogor saat ini sudah menuju terwujudnya sebagai kota ramah keluarga dan seluruh Puskesmas memiliki wilayah kerja memantau perkembangan kesehatan keluarga. Disamping itu dukungan dan perhatian penuh Pemkot Bogor juga terkait infrastuktur dan pendukung bagi program kegiatan sudah sangat baik.

“Kami berharap semua masyarakat merasakan bahwa keluarga itu adalah untuk mewujudkan keluarga bahagia yang merupakan tanggung jawab bersama. Dimana bukann hanya hari hari tertentu saja sebagai hari keluarga, tetapi di setiap hari adalah hari keluarga, sehingga mewujudkan generasi berkualitas dalam satu keluarga untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.