Masuki Pertengahan Tahun 2024, DPMPTSP Cianjur Klaim Realisasi Investasi di Cianjur Naik

Kepala DPMPTSP Kabupaten Cianjur, Dadan Ginanjar. Esya | Pakar

CIANJUR – Baru menginjak bulan kelima, realisasi nilai investasi sudah mencapai sebesar 36,31 persen dari jumlah target Rp1,8 triliun lebih di tahun 2024. Hal tersebut, tercatat oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cianjur.
Informasi yang berhasil dihimpun, adanya peningkatan dan pencapaian realisasi investasi ditriwulan II Tahun 2024 di Kabupaten Cianjur, dibanding yahun sebelumnya. Pasalnya angkanya pun menyentuh hingga miliaran dari kurun waktu kurang enam bulan.


Kepala DPMPTSP Cianjur, Dadan Ginanjar membenarkan jika realisasi investasi yang masuk kewilayah Cianjur, dari sejak tiga bulan terakhir mengalami peningkatan setelah Bupati Cianjur, memberikan berbagai kemudahan dan keringanan kepada investor yang datang ke wilayah Cianjur.


“Memang hingga saat ini, realisasinya sudah mencapai persentase sebesar 36,31 persen dari target Rp1,8 Triliun lebih. Mudah-mudahan saja dipekan ketiga sudah mencapai Rp691 Miliar lebih,” kata Dadan, kepada wartawan,Selasa, (21/05/2024).


Menurutnya, hingga awal Mei 2024, penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis resiko melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) sebesar Rp500 juta lebih dan Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp124 juta lebih. Naiknya angka nilai investasi tersebut, lanjut Dadan, tentunya mungkin sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan investor, untuk menanamkan modalnya di wilayah Cianjur sangat tinggi sejak awal tahun.
Lantaran, kata Dadan program insentif yang diberikan pemerintah daerah (Pemda) pada pelaku usaha berupa keringanan pajak atau retribusi yang diperkuat dengan Perda Nomor 13 Tahun 2023 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi.


“Harapan kami dengan adanya berbagai kemudahan yang diberikan membuat perkembangan investasi di Cianjur terus meningkat dan diharapkan pada tahun selanjutnya akan lebih meningkat lagi, seiring meningkatnya kepercayaan masyarakat dan investor,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.