Masuk Peralihan Musim, Pemkab Bogor Siap Siaga Bencana

Apel Kesiapansiagaan Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bogor Jumat lalu. (Dok.Diskominfo)

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mulai siap siaga, mengantisipasi terjadinya bencana di wilayahnya pada peralihan musim saat ini.

Ditandai dengan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Lapangan Tegar Beriman Jumat lalu, kegiatan tersebut dipimpin oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin secara virtual.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tingkat Jawa Barat Tahun 2023 diikuti oleh Kabupaten/Kota Se-jabar secara virtual.

Menurutnya, apel siaga bencana dilakukan untuk mengkonsolidasikan dan mengecek kesiapansiagaan bencana karena se-Jawa Barat khususnya sudah masuk musim hujan yang berpotensi menyebabkan bencana banjir, tanah longsor, puting beliung dan petir.

“Khusus untuk Kabupaten Bogor kami Pemkab Bogor berdasarkan arahan Bupati dan hasil rapat forkompimda kami siap untuk antisipasi berupaya melakukan mitigasi bencana di Kabupaten Bogor salah satunya dengan cara pemetaan daerah rawan bencana sesuai dengan jenis bencana,” jelas Burhan.

Kegiatan tersebut pun mendapatkan dukungan penuh dari jajaran TNI. Dandim 0621/Kabupaten Bogor, Letkol Kav Gan Gan Rusgandara mengatakan, keterlibatan pihaknya tersebut adalah komitmen untuk bahu membahu melakukan antisipasi bencana di Kabupaten Bogor.

Bahkan, Gan Gan mengaku bahwa pihaknya sudah menggelar latihan mitigasi bencana yang diselenggarakan pada pertengahan Juli di Sukamakmur yang diikuti oleh jajaran TNI juga Polri. Dilanjutkan dengan kegiatan gotong royong membersihkan parit, selokan dan sungai untuk antisipasi bencana alam banjir.

“Tidak hanya itu kami juga telah melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon dilahan tidur, lahan kritis dan lahan rawan longsor. Juga melakukan pembibitan sebanyak 2.500 pohon di Mako Kodim 0621, serta memetakan daerah rawan bencana berdasarkan data dari desa dan kecamatan yang dihimpun oleh BPBD bekerjasama dengan TNI dan Polri,” tuturnya. =KM*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.