Masuk Musim Kemarau, BPBD Siap Siaga 300 KK/925 Jiwa di Jonggol Krisis Air Bersih

Ilustrasi Foto kekeringan. Age|Pakar

CIBINONG – BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) menyebut ada 300 KK (kepala keluarga) di kampung Gerung, Desa Singajaya, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor mengalami krisis air akibat masuknya musim kemarau, pada Senin (10/6/2024).

Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Kedaruratan Kabupaten Bogor, Dedi Sutisna bahwa pihaknya menerima laporan kalau ada 925 jiwa/300 KK di Jonggol mengalami krisis air bersih.

“Betul, ada 300 KK/925 di kampung Gerung, Desa Singajaya, Kecamatan Jonggol mengalami krisis air bersih dan kita minggu lalu sudah mengirimkan 5.000 liter air bersih ke wilayah tersebut,” katanya kepada PAKAR, pada Senin 10 Juni 2024.

Ia menambahkan Cisarua pun saat ini masuk kondisi rawan mengalami krisis air bersih, bahkan pihaknya pun sempat mengisi sebanyak 10 ribu liter.

“Kalau Cisarua itu bentuk antisipasi dan memang ada permintaan air bersih sebanyak 10 ribu liter untuk di masukan ke toren DPKPP. Dan kita belajar dari kejadian kemarin, kalau dampak kemarau itu cukup panjang bahkan sampai 6 bulan, makanya ini bentuk kesiapsiagaan saja,” tambahnya.

Ia mengaku bahwa ada sebanyak 38 Kecamatan di Kabupaten Bogor terdampak kekeringan akibat musim kemarau.

“Jadi hampir semua Kecamatan di Kabupaten Bogor ini mengalami dampak kekeringan, dan hanya ada dua kecamatan saja yang tidak mengalami kekeringan yaitu Gunung Putri dan Citeureup. Sedangkan kecamatan lain itu hampir semua desa mengalami kekeringan,” ungkapnya.

Maka dari itu Dedi Sutisna akan mengerahkan petugasnya untuk siap siaga membatu masyarakat dalam mengkontribusi penyaluran air bersih bagi wilayah yang terdampak kekeringan di Bumi Tegar Beriman.

“ Biasanya kita disuplay dari pdam dan ada air curah yang tidak jauh dari lokasi dan kita karena BPBD biasa nya sudah kita persiapkan (diisi) dan mungkin kita juga akan berkordinasi dengan pengusaha air curah. Dan kita mempersiapkan 4 unit armada penyaluran air dengan kapasitas 5.000 meter,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.