Masih Minim, Pemkab Bogor Terbitkan Surat Edaran Vaksinasi Lansia Kepada ASN

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Dedy Syarif. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia (lansia) di Kabupaten Bogor masih sangat minim. Masuk bulan keenam tahun 2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor baru mencatat sekitar 10 persen dari total sekitar 339.958 lansia yang menjadi sasaran vaksinasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Dedy Syarif mengaku saat ini pihaknya masih terus melakukan upaya untuk meningkatkan partisipasi Vaksinasi Covid-19 dari para lansia, salah satunya dengan menerbitkan surat edaran yang ditujukan kepada para orang tua dari ASN di Kabupaten Bogor.

“Melalui surat edaran pemda, untuk ASN yang orang tuanya masih ada itu wajib vaksin. Termasuk kita juga akan melakukan sweeping pensiunan-pensiunan,” kata Dedy, Senin (7/6/2021).

Dia pun mengakui minimnya partisipasi lansia dalam Vaksinasi Covid-19 saah satunya dikarenakan masih kurangnya sosialisasi dan edukasi soal vaksinasi.

Untuk itu, pihaknya juga meminta kepada para ASN khususnya, untuk memberikan edukasi mengenai vaksinasi tersebut.

“Jadi kondisi yang ditemukan di lapangan salah kadang para orang tua mau divaksin dan boleh divaksin, tapi anaknya tidak mengizinkan. Nah ini yang menjadi PR kita, makannya terus kita lakukan sosialisasi,” jelas Dedy.

Selain itu, untuk meningkatkan jumlah partispasi vaksinasi lansia, Pemkab Bogor juga meminta bantuan dari TNI dan Polri dalam pelaksanaan vaksinasi. Misalnya dengan upaya jemput bola kepada para lansia yang mungkin lokasi rumahnya jauh dari tempat vaksinasi.

“Karena sejauh ini yang sudah termobilisasi baru wilayah perkotaan, kalau perkampungan itu belum terjamah semuanya. Maka kami libatkan juga TNI dan Polri untuk terlibat dalam upaya jemput bola vaksinasi ini,” kat Dedy.

“Sementara untuk target penyelesaian kita upayakan tahun ini selesai. Ya mudah-mudahan cepat terselesaikan,” tandas Dedy. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.