Masih 20 Persen, Pemkab Bogor Kebut Vaksinasi Dengan Tenaga Maksimal

Bupati Bogor, Ade Yasin. Prayoga | Pakar

CIBINONG – Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor masih sangat minim. Berdasarkan data satuan tugas (Satgas) per Minggu 19 September 2021, realisasi vaksin baru mencapai 1.750.484 dosis atau sekitar 20 persen dari target keseluruhan sebanyak 4.225.790 orang atau sebanyak 8.451.580 dosis hingga Desember 2021.

Bupati Ade Yasin mengatakan, saat ini Pemkab Bogor masih terus melakukan percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk mencapai target tersebut.

“Masih terus berjalan ya, dan alhamdulilah sekarang kita juga dapat bantuan tenaga kesehatan dari TNI Angkatan Darat sebanyak 100 orang untuk percepatan vaksinasi ini,” kata Ade Yasin, Senin (20/9/2021).

Menurutnya, bantuan tenaga kesehatan tersebut akan sangat membantu Pemkab Bogor yang kini menargetkan 100 ribu vaksin per hari.

“Jadi dengan bantuan ini tenaga kesehatan kita juga bertambah. Sebelumnya kita punya 1.076 tenaga, lalu ada bantuan juga dari dari lembaga kesehatan sebanyak 600 orang. Nah sekarang ada 100 orang dari TNI,” ungkap Ade Yasin.

Ade Yasin menyebutkan, tenaga kesehatan dari TNI Angkatan Darat ini akan disebar di 4 kecamatan dengan target vaksinasi yang cukup besar. Seperti di Cibinong, Citeurerup, Gunungputri, dan Kecamatan Cileungsi.

“Jadi masing-masing ada 25 tenaga kesehatan dari TNI yang ditempatkan di 4 kecamatan itu. Dan 100 orang ini akan menjalani masa tugasnya selama 30 hari hingga Oktober,” jelasnya.

Tidak hanya TNI, bantuan juga didapatkan Pemkab Bogor dari Polres Bogor. Dari polisi, pemerintah mendapatkan bantuan percepatan dengan penyediaan sentra vaksinasi.

Pada pelaksanaan itu, Polres Bogor
menargetkan sebanyak 2 juta jiwa tervaksin.

Kapolres Bogor, AKBP Harun mengatakan, sentra vaksinasi ini dilakukan sebagai akselerasi percepatan vaksinasi di Kabupaten Bogor.

“Jadi target kami itu sebanyak 2 juta jiwa. Semoga ini bisa membantu Pemkab Bogor,” kata Harun.

Harun menyebutkan jika pihaknya menggerakkan semua anggota di setiap Polsek yang tersebar di Kabupaten Bogor. Termasuk dengan puskesmas dan organisasi Indonesia Pasti Bisa tersebut.

Menurutnya, di setiap polsek yang ada pihaknya mendirikan gerai vaksinasi untuk masyarakat. Bahkan untuk mempercepat itu, pihaknya juga memiliki dua mobil vaksin untuk menyentuh masyarakat yang berada di daerah pelosok di Kabupaten Bogor.

“Untuk mobil vaksin ini, kami targetkan 200 jiwa bisa di vaksin. Sasarannya adalah mereka yang berada di pelosok, lalu juga di lokasi wisata,” jelas Harun.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.