Marak Pohon Tumbang di Cianjur, PUTR Turunkan UPTD Lakukan Penanganan

Petugas UPTD dari PUTR Cianjur saat menangani pohon tumbang di beberapa wilayah di Kabupaten Cianjur. Esya | Pakar


CIANJUR—Seluruh UPTD Pemeliharaan Jalan bekerjasama dengan UPTD Bidang Pengairan dan Irigasi (PI) yang ada dilingkungan Dinas PUTR Kabupaten Cianjur, dikerahkan untuk memotong pohon tumbang dan memangkas pohon yang telah lapuk serta membersihakn saluran air dainase yang tersumbat diberbagai tempat.


Informasi yang berhasil dihimpun, seluruh petugas UPTD Pemeliharaan Jalan dari sejak terjadi hujan deras yang disertai angin kencang Minggu (5/11/2023) lalu tersebut, langsung diterjunkan keberbagai tempat untuk memotong pohon tumbang, diantaranya disepanjang kawasan ruas jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur, jalan Arif Rahman Hakim, Jalan, Perintis Kemerdeaan – Jebrod, Jalan KH Abdulah Bin Nuh hingga Rancagoong jalur jalan Cianjur-Sukabumi.


Koordinator UPTD Pemeliharaan Jalan Dinas PUTR Kabupaten Cianjur Endang Kurnia membenarkan jika hujan deras yang disertai anging kencang tersebut, sudah merobohkan pohon-pohon yang ada disepanjang kawasan ruas jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur Arif Rahman Hakain, Jalan, Perintis Kemerdeaan – Jebrod, Jalan KH Abdulah Bin Nuh hingga Rancagoong jalur jalan Cianjur-Sukabumi.


“Memang dari sejak terjadinya hujan deras dan angin kencang banyak pohon tumbang dan membersihkan saluran aliran air drainase yang tersumbat, akibat kemarau panjang. Hal ini, dilakukan berkerjasama dengan UPTD Pengarian dan Irigasi,” kata Endang kepada wartawan Selasa (7/11/2023).


Akibat kemarau panjang ini, kata Endang saluran jaringan irigasi atau drainase ini, banyak yang tersumbat oleh puing-puing dan sampah masyarakat. Akibatnya tidak sedikit saluran air irigasi yang tersumbat. Makanya waktu hujan deras dan angin kencang kemarin itu, air naik kepermukaan ke bahu jalan dan terjadilah banjir, menggenangi toko dan rumah warga.


“Alhamdulilah, berkat kerjasama ini semunya bisa ditangani dengan cepat. Mudah-mudahan saja, tidak terjadi banjir air hujan lagi. Kami menghimbau agar jangan membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.