Mantap, Pemkab Akan Rehabilitasi Ribuan Rutilahu

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor berencana merehabilitasi sebanyak 4.000 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) pada tahun 2021.

Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Lestia Irmawati menjelaskan, ada tiga sumber anggaran untuk merehabilitasi rutilahu tersebut.

Pertama, kata dia, berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor, lalu Pemprov Jawa Barat, dan dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR.

“Dari APBD Kabupaten Bogor itu akan direhab sebanyak 2.000 unit. Lalu 1.000 unit dari Pemprov Jabar dan 1.000 unit dari program BSPS Kementerian PUPR,” kata Irma, Minggu (17/1/2021).

Menurutnya, dari tiga alokasi anggaran tersebut besaran yang akan didapatkan masing-masing penerima program rutilahu itu berbeda-beda.

Dari Pemkab Bogor, masing-masing rutilahu akan mendapatkan Rp15 juta untuk rehabilitasi. Dimana total anggaran yang disiapkan pemerintah sebesar Rp15 miliar.

Sedangkan dari Pemprov Jawa Barat, itu sebesar Rp17,5 juta per rumah dan dari program BSPS juga Rp17,5 juta.

“Untuk jumlah bantuan dari provinsi dan BSPS, sedang dipastikan lagi. Jadi bisa berubah, baik nominal atau jumlah unitnya. Nanti distribusinya, yang dari provinsi bentuknya non-tunai melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dan dari BSPS juga non-tunai langsung ke penerima bantuan,” jelas Irma. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.