Mantap, Desa Cibeuteung Muara Sudah Mulai Program Samisade Tahap Dua

Pemdes Cibeuteung Muara telah menerima pencairan dana program Samisade tahap kedua sebesar 60 persen dan saat ini sudah mulai dilaksanakan pekerjaannya. Fahri | Pakar

CISEENG – Pemerintah Desa Cibeuteung Muara, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, saat ini telah memulai giat program pembangunan infrastruktur bantuan dana keuangan desa atau program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dari APBD Pemkab Bogor, dengan total anggaran senilai Rp900 juta lebih, plus pajak dan upah.

Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Ciseeng, Lukman Ariandi mengungkapkan, dari 9 desa yang sudah selesai melaksanakan pelaksanaan pekerjaan program Samisade tahap kesatu sebesar 40 persen, saat ini Desa Cibeuteung Muara adalah desa pertama yang telah menerima bantuan tahap kedua sebesar 60 persen.

“Desa Cibeuteung Muara sudah ada pencairan dan sudah mulai pelaksanaan. 5 desa lain sedang proses di BPKAD, dan 3 desa lainnya sedang verifikasi di DPMD. Sedangkan satu desa lainnya yaitu Desa Babakan juga akan menerima dana tahap pertama, dari APBD perubahan 2021,” ungkap Lukman Ariandi, Rabu (19/10/2021).

Dikonfirmasi media ini, Asep Suhendar Kepala Desa (Kades) Cibeuteung Muara, mengaku bersyukur dan berterima kasih atas bantuan program Samisade yang akan segera digunakan pihaknya untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan di dua lokasi yaitu di Kampung Blok Mesjid Dusun III, dan di Kampung Legok Nyenang/Cibogo Dusun I.

“Di Kampung Blok Masjid akan dibangun jalan cor beton sepanjang 1.004 meter. Lalu yang di Kampung Legok Nyenang dibangun jalan penghubung menuju Desa Putat Nutug dengan volume panjang 700 meter pengecoran dan 400 meter aspal hotmix,” ungkap Asep Suhendar.

Sebelumnya, Renaldi Yushab Fiansyah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor kepada sejumlah wartawan mengatakan bahwa sudah 94 persen desa penerima bantuan dana program Samisade telah selesai mengerjakan pembangunan tahap satu.

“Saat ini desa-desa tersebut telah mengajukan usulan untuk pembangunan program Samisade tahap kedua. Sudah ada sekitar 32 persen yang cair dan telah memulai pekerjaan tahap kedua program Samisade,” pungkas Renaldi. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.