Mantan Kades di Megamendung Nyaleg

MEGAMENDUNG – Pendaftaran calon legsilatif (Caleg) mendekati babak penentuan. Terpantau di wilayah Kecamatan Megamendung dan Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor tidak ada satu pun kepala desa yang akan maju dalam pesta demokrasi, hanya mantan kades yang akan maju menjadi peserta legislatif. “Tidak ada yang mencalonkan sebagi caleg, ada juga mantan kepala desa yang akan maju di pesta demokrasi tahun 2024,” ungkap camat Megamendung, Acep Sajidin.

Ia mengatakan, jika ada kepala desa yang akan mencalonkan sebagai legislatif maka harus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. “Kalau ada ya kan ada mekanismenya atau ada aturan yang harus mengundurkan diri,” ujarnya.

Sementara itu, dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 Pasal 240 ayat (1) huruf k Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menerangkan. Bakal calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota adalah Warga Negara Indonesia dan harus memenuhi persyaratan.

Dalam peraturan tersebut dijelaskam bahwa caleg wajib mengundurkan diri sebagai kepala daerah, wakil kepala daerah, aparatur sipil negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan pada badan usaha milik negara dan/atau badan usaha milik daerah, atau badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara. “Kalau tidak salah harus mengundurkan diri baik itu pegawai Negri sipil maupun kepala desa harus mengundurkan. Karena harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dan harus ditaati,” tuturnya.

Ia juga menegaskan, jika terjadi adanya pencalonan diri sebagi caleg maka ia meninta kepada para kades agar mematuhi aturan yang berlaku. “Hal ini kan tentunya tidak boleh merangkap jabatan tentunya harus dipilih dan taat aturan,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Cisarua Ivan Pramudya mengatakan, tidak ada kedes diwilayahnya yang akan maju dalam pileg mendatang. “Belum ada, kalau ada tentunya harus mengundurkan diri sebagi kades, karena harus mematuhi sesuai peraturan yang berlaku,” ujarnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.