Manipulasi Data PPDB Tertinggi di Bogor, Saber Pungli Awasi Ketat

CIBINONG – Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat mengingatkan kepada Kepala SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bogor untuk tidak terlibat praktik jual beli kursi dan manipulasi data Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025.

Pasalnya pada tahun 2023 lalu, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyebut Kabupaten Bogor menjadi salah satu daerah angka tertinggi manipulasi data PPDB.

Maka dari itu Kepala Bidang Ops Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, AKBP Harso Pudjohartono mengingatkan agar Kepala SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bogor tidak terlibat praktik jual beli kursi maupun manipulasi data PPDB.

“Hari ini langkah kita adalah melakukan penyerahan spanduk imbauan untuk tidak terjadi pungli dalam proses PPDB untuk dipasang di tiap-tiap sekolah,” katanya di SMKN 2 Cibinong.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari penandatanganan komitmen bersama dengan Forkopimda Provinsi Jawa Barat terkait PPDB yang bersih, transparan, akuntabel serta berkeadilan.

Bagi masyarakat yang menemukan adanya indikasi pungli pada proses PPDB, diminta segera melapor ke Satgas Saber Pungli baik di tingkat provinsi maupun kota/kabupaten.

“Baik melalui kontak person, email maupun media sosial Saber Pungli,” jelas AKBP Harso.

Pihak menegaskan, bagi siapapun yang terlibat dalam pungli pada proses PPDB, maka akan dikenakan sanksi sesuai hukum yang berlaku.

“Kalau terjadi indikasi suap-menyuap, orang yang harusnya tidak bisa masuk tetapi masuk karena ada uang, itu bisa masuk tindak pidana korupsi bagi kedua belah pihak. Dan kalau misalkan ada pemaksaan-pemaksaan dari seseorang kepada panitia, itu bisa dipidana pengancaman, pidana umum,” jelasnya.

Namun meskipun begitu ia mengaku belum menerima kasus praktik jual beli kursi ataupun manipulasi data Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bogor.

“Sementara ini tidak, informasi-informasi itu ada tetapi tidak begitu banyak. Dan kita antisipasi jangan sampai (ada praktik jual beli kursi), dan sejauh ini untuk PPDB tidak terlalu tinggi,” Pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.