Manfaatkan Dana Samisade, ini Program Kades Cibadak Ciampea

CIAMPEA – Sebentar lagi jalan Haji Saderin sepanjang 1300 meter dengan Lebar 3 meter yang melintas di dua wilayah RW dan 10 RT di Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, yang selama ini merupakan jalan penghubung menuju ke Desa tetangganya yakni Desa Cicadas, akan memperoleh peningkatan dan perbaikan melalui sentuhan Program Bupati Bogor Ade Yasin Satu Miliar Satu Desa (SamiSade).

Desa Cibadak merupakan salah satu desa dari 13 desa se-Kecamatan Ciampea yang mendapat bantuan program Samisade Bupati Bogor sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dibidang pembangunan infrastruktur dengan tujuan untuk memajukan perekonomian masyarakat kabupatennya.

Liya Mulia Kepala Desa Cibadak mengatakan, dari hasil musyawarah desa bersama tokoh masyarakat baik pengurus erte dan erwe setelah desanya ditetapkan sebagai salah satu desa yang menerima bantuan program Samisade dari Bupati. “Akhirnya pilihan kami jatuh pada jalan haji Saderin sepanjang 1300 meter dengan lebar 3 meter guna mendapat peningkatan dari Samisade agar kondisinya menjadi lebih baik lagi dari yang sekarang ini,” kata Liya Mulia Kepala Desa Ciabadak kepada pakuanraya.com, Kamis (17/5/2021).

Lebih lanjut di jelaskan Liya, kenapa desa dan warga memilih jalan Haji Saderin agar mendapat sentuhan Samisade, ya karena selama ini fungsinya begitu sangat vital bagi warga dua desa, terutama bagi Desa Cibadak. “Karena Kondisi jalannya yang selama ini rusak parah, membuat aktifitas warga jadi terkendala. Ditambah juga sering banjir akibat saluran drainase tidak berfungsi,” bebernya.

Meski memang ada program pembangunan lainnya yang ada di desa juga terprioritas seperti pembuatan Tembok Penahan Tebingan, perbaikan Bendungan, pemberdayaan masyarakat, serta betonisasi Jalan desa diwilayahnya RW 5 dan RW 6 sambung kades, namun karena jalan Haji Saderin adalah program Skala prioritas. “Jadi kami utamakan. Mudah mudahan jika jalan Haji Saderin sebagai jalan penghubung dua desa nantinya sudah ditingkatkan melalui Samisade, maka dapat dipastikan separuh dari 11.360 jiwa penduduk yang ada di Desa Cibadak akan menikmati manfaatnya”, ujarnya.

Masih kata Liya Mulia Kepala Desa Cibadak, ia bersama jajarannya menyatakan Acung Jempol kepada Bupati Bogor Ade Yasin yang sudah memberikan solusi bagi semua pemerintahan desa di Kabupaten Bogor dengan mengeluarkan program Samisade-nya. “Mengingat sejak dua tahun ini bantuan pembangunan dari pemerintah pusat berupa Dana Desa (SD) lebih terkondisi pada Masalah penanganan Pandemik Covid 19 diantaranya untuk BLT warga yang terdampak. Mau tak mau skema program pembangunan yang ada di desa yang sudah terencana melalui APBdes, banyak alami perubahan secara drastis,” ucapnya.

Selain itu Lanjut Kades Liya, ternyata program Samisade juga bisa membawa manfaat bagi warga desa yang nanti terlibat dalam pembangunan peningkatan jalan Haji Saderin. “Diantaranya bagi warga yang dilibatkan sebagai tenaga pekerja, akan mendapat upah yang sesuai. Jadi sekali lagi saya Acung Jempol kepada Ibu Bupati Bogor Ade Yasin dengan program Samisade-nya untuk kemajuan pembangunan masyarakat di Kabupaten,” tukasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.