Mahfud MD Nilai Pentingnya Pesantren dan Masa Depan Indonesia

Menkopolhukam, Mahfud MD. IST

JAKARTA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor 3, Mahfud MD, mengatakan, tidak hanya sekolah-sekolah umum, tetapi pondok pesantren juga memiliki peran penting dalam membangun masa depan Indonesia.

“Saya ini lulusan pesantren, Gus Dur, Kiai Ma’ruf Amin juga lulusan pesantren bisa mengelola negara, maka belajarlah baik-baik di pesantren,” kata Mahfud dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (26/12/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, mengungkapkan hal tersebut saat menghadiri acara majelis dzikir dan peringatan Haul ke-9 KH Ahmad Maimun Adnan, pendiri Pondok Pesantren Al Ishlah Bungah, Gresik, Jawa Timur.

Kata Mahfud, pendidikan pesantren lebih dari sekadar pengetahuan umum. Tetapi juga pelajaran tentang moral dan adab.

“Orang pesantren itu biasanya tawadhu, tidak serakah dan tidak sewenang-wenang, karena landasan moralnya sudah kuat,” ujar alumni Pondok Pesantren Al-Mardiyah, Pamekasan Madura ini.

Menurut calon wakil presiden nomor urut 3 itu, pesantren telah memberi sumbangan besar terhadap kemajuan bangsa. Oleh sebab itu, kesejahteraan guru pesantren harus juga diperhatikan.

Mahfud menyinggung honor guru ngaji dan guru-guru di Pesantren masih jauh dari kata sejahtera. Menurutnya, hal tersebut harus diperbaiki ke depan.

“Saya lulusan pesantren, saya juga merasa cukup tahu kebutuhan-kebutuhan pesantren,” tandasnya. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.