Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University Belajar Jadi Jurnalis Profesional

David Rizar Nugroho dan Andi Ahmadi saat menjadi narasumber. IST

BOGOR – Setelah 11 minggu menjalani kelas praktikum reportase di ruang kuliah dan turun lapang untuk beberapa penugasan. Hari ini Sabtu, 4 November 2023 diadakan kuliah umum yang menghadirkan 2 narasumber hebat yang membahas pengalamannya di industri media khususnya jurnalistik.

Kuliah umum kali ini dilaksanakan menggunakan metode daring yaitu menggunakan zoom meeting yang dihadiri oleh mahasiswa komunikasi digital dan media sekolah vokasi IPB University.

Kuliah umum ini diadakan sebagai pelengkap dari perkuliahan biasanya dan untuk memberikan gambaran bagaimana industri jurnalistik berjalan.

Sebelum kuliah umum di mulai ada sambutan yang di sampaikan oleh Dr. Hudi Santoso, S.Sos., MP selaku Ketua Prodi Komunikasi Digital dan Media. Pada kuliah umum kali ini ada 2 narasumber hebat yang membersamai kita yaitu Andi Ahmadi yang membahas materi berjudul “Asyiknya Berkarier Menjadi Wartawan dan Jurnalis” serta ada juga narasumber lain yang bernama David Rizar Nugroho yang membahas materi berjudul “Menulis Berita Yang Enak Dibaca”.


Pada materi “Menulis Berita Yang Enak Dibaca” ada beberapa hal menarik yang dipaparkan. Dikatakan oleh David Rizar Nugroho bahwasannya sebagai jurnalis profesional harus memposisikan diri sebagai khalayak.

Kita membuat berita agar disenangi oleh pembaca dan kita harus kemas berita tersebut semenarik mungkin serta perbanyak diksi yang kita punya.

Pemateri kedua juga tidak kalah menariknya, Andi Ahmadi melakukan sharing saction tentang pengalamannya dan rekannya selama liputan langsung ke lapangan. Ada satu kalimat yang sangat menarik yaitu “hilangkan idealismenya terlebih dahulu disaat diri jurnalis dalam posisi bahaya”.

Disampaikan juga closing statement dari kedua narasumber yang berisi “semua profesi ada risikonya masing-masing. Semua jurnalis harus menjalankan profesinya sesuai dengan kode etik jurnalistik dan tidak boleh keluar dari tugas utama jurnalis yaitu menyampaikan berita sefaktual mungkin”. =DRN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.