Mahasiswa KKN Unida Lakukan Pendampingan Pelaku UMKM di Desa Cileungsi Ciawi

Kegiatan mahasiswa KKN Kelompok 08 Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Unida Bogor saat melakukan Pendampingan Optimalisasi Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM di Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. (Dok.Unida)

CIAWI – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 08 Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, melakukan Pendampingan Optimalisasi Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM di Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Anggota KKN Kelompok 08, Siti Rahmah menjelaskan, pendampingan UMKM dilakukan agar upaya mendorong terjadinya pemberdayaan pelaku usaha kecil ini bisa dilakukan secara optimal.

Apalagi, kata dia, pendampingan ini dilatar belakangi oleh adanya kesenjangan dan kurangnya informasi terkait pemasaran yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis para pelaku UMKM.

“Harapan saya, dengan diselenggarakannya program ini membantu pelaku UMKM di desa bisa lebih berkembang dan lebih inovatif dalam pengelolaan usahanya, memberikan wawasan yang luas bagi mereka dalam sistem usahanya yang relevan dengan perkembangan industri di era 4.0 dan memberikan pengetahuan luasbmengenai ekonomi kreatif,” kata Siti Rahmah dalam keterangan tertulis yang diterima PAKAR, Minggu (14/8/2022).

Ada beberapa poin yang diberikan mahasiswa KKN Kelompok 08 dalam pendampingan UMKM tersebut. Yaitu, pengembangan ilmu pengetahuan digitalisasi, penyebarluasann ilmu pengetahuan digitalisasi, penerapan ilmu pengetahuan digitalisasi, peningkatan kesadaran dan pelatihan kemampuan.

Menurut Siti Rahmah, pendampingan ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa adanya perubahan konkret pada masyarakat dan lingkungan yang terjadi di Desa Cileungsi, meningkatkan mayarakat yang diajak bekerja sama untuk membangun kemampuan dalam menangani masalah, menambah pengetahuan baru untuk masyarakat sekitar mengenai digitalisasi, meningkatkan motivasi masyarakat dalam mengembangkan bisnis, dan masyarakat dapat mengimplementasikan mengenai peran digitalisasi.

Adapun rangkaian kegiatan pendampingan yang dilaksanakan yaitu sosialisasi terkait sistem keuangan syariah dan lembaga keuangan syariah dengan tujuan untuk mengoptimalisasi penggunaan produk syariah pada masyarakat lingkungan Kampung Loji Desa Cileungsi Ciawi, kunjungan ke Baitul Maal Wat tamwil (BMT) terdekat di sekitaran desa yaitu tepatnya di BMT Benteng Mikro Indonesia (BMI) Desa Banjarwangi.

“Setelah itu kami mulai melakukan kunjungan ke beberapa masyarakat yang memiliki UMKM. Lalu melaksanakan pendampingan penyuluhan digital marketing media sosial untuk UMKM,” jelasnya.

Anggota lainnya, Rifa Afifah menyampaikan pengalaman serta harapan pada penyelenggaraan kegiatan KKN dalam upaya sumbangsi mahasiswa dalam memajukan UMKM.

“Sebagai mahasiswa sekaligus aktivis yang berlatar belakang Ilmu Ekonomi Islam saya sangat senang bisa berbagi pengetahuan kepada Masyarakat desa terkait sistem keuangan islam, lembaga keuangan islam, produk-produk syariah serta pengetahuan tentang penggunaan digitalisasi. Saya berharap ilmu yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat setempat dalam mengimplementasikan sistem keuagan syariah dan pengunaan pemasaran digital. Dengan adanya penyuluhan dan pendampingan ini semoga akan menggiring masyarakat untuk lebih menyadari pentingnya mengambil hal positif dari perkembangan jaman di era industri 4.0,” ungkapnya.

Dia menyebut bahwa pendampingan ini merupakan suatu proses pemberian kemudahan yang diberikan pendamping kepada masyarakat dalam mengidentifikasi kebutuhan dan memecahkan masalah serta mendorong tumbuhnya inovasi dan inisiatif dalam proses pengambilan keputusan, sehingga kemandirian dapat diwujudkan.

“Pendampingan yang dilakukan ini merupakan strategi yang sangat menentukan keberhasilan program pemberdayaan UMKM masyarakat Cileungsi Ciawi, sesuai dengan prinsip yaitu membantu sesama. Dalam kegiatan ini ditugaskan sebagai pendamping bukan pemecah masalah,” kata Rifa Afifah. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.