Lonjakan Kasus Positif Marak Terjadi di Jasinga, Begini Kondisinya

Inilah data kasus covid-19 di Kecamatan Jasinga. (Ist)

JASINGA – Lonjakan kasus Covid19 kembali tercatat di Kabupaten Bogor bagian Barat, kali ini dialami Kecamatan Jasinga dengan jumlah terkini warga yang terpapar Virus Covid19, mencapai 74 orang.

Begitu cepatnya Penularan yang dialami puluhan warga Jasinga tersebut, berdasarkan hasil analisa, ternyata berasal dari warga yang sehari hari beraktifitas diluar wilayah Jasinga, seperti warga yang pulang pergi bekerja di Jakarta, di Kota Bogor maupun diwilayah lainnya yang rutin mengunakan kendaraan angkutan umum, demikian keterangan Santoso Camat Jasinga kepada Pakar.Online.

Kata Camat, menyikapi kembali terjadinya lonjakan kasus warga Jasinga yang terpapar Covid, beberapa bulan lalu pihak kecamatan selalu rutin melakukan sosialisasi kepada warga tentang betapa pentingnya warga mau berdisiplin menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M
seperti rajin Mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan maupun mengurangi mobilitas.

“Upaya sosialisasi Prokes 5 M yang kami lakukan juga menyentuh hingga kepelosok wilayah, diantaranya melalui pengumuman di mushola, masjid bahkan di kegiatan majelis ta’lim”,kata Santoso Camat Jasinga.

Agar diketahui tambah Camat, dimana dari data sebelumnya kasus warga Jasinga yang terkonfirmasi positif sempat mencapai 92 orang.

“Namun kini jumlahnya sudah turun dan tinggal 74 warga lagi yang masih dinyatakan positif, sedangkan untuk 18 warga lainnya kini telah dinyatakan sembuh”, ungkapnya.

Masih kata Camat, saat ini masih ada beberapa titik di Jasinga yang dinyatakan zona merah, yakni berada di wilayah dua RT di dua desa, yakni di Desa Bagoang dan Desa Jasinga.

“Sedangkan untuk status ke 14 desa lainnya, diantaranya masuk zona Hijau, zona orange dan zona kuning. Mudah mudahan dalam waktu seminggu kedepan kasus Lonjakan Covid19 di Jasinga alami penurunan”,harapnya.

Camat menambahkan, sebagai antisipasi agar penyebaran Covid19 tidak terus meluas, sampai saat ini di Jasinga masih berlanjut pelaksanaan vaksinasi, terutama vaksinasi kepada anak anak usia 6 hingga 11 tahun, termasuk vaksinasi Booster kepada warga yang sudah dua kali divaksin.

“Kami juga menekankan kepada warga yang baru tiga bulan menjalani vaksin kedua, jika mereka sudah bisa ikut serta divaksin booster, meskipun dalam beberapa Minggu ini jumlahnya masih sedikit.”tukasnya.

Suhendi Kepala Unit Satpol PP Kecamatan Jasinga menambahkan, beberapa hari kebelakang jajaran Pol PP Jasinga dibantu Anggota Muspika Koramil dan kepolisian kembali terjun kelapangan dalam rangka mensosialisasikan Prokes kepada warga Jasinga.

“Terutama di pusat pusat keramaian di Jasinga seperti pasar maupun di tempat tempat umum lainnya, termasuk kepada para pengendara motor dan mobil yang kedapatan tidak bermasker, kami himbau agar memakai masker,” tandasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.